Jumat, 29 Maret 2024, 18:41
Home / BONDOWOSO / ANEKA BENDA BERSEJARAH DITEMUKAN WARGA CERMEE BONDOWOSO

ANEKA BENDA BERSEJARAH DITEMUKAN WARGA CERMEE BONDOWOSO

WAGATABERITA.COM – BONDOWOSO. Sejumlah benda bersejarah diketemukan oleh masyarakat desa Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Sabtu (25/02/2017).

Benda bersejarah itu, diantaranya Keris, Kentongan, dan Nampan. Semua benda itu, diduga merupakan peninggalan Raden Imam Asya’ari yang dulunya digunakan untuk ritual adat desa.

Raden Imam merupakan salah satu pembabat alas, atau salah satu tokoh yang membuka lahan untuk perkampungan masyarakat Bondowoso. Konon ceritanya, Raden Imam juga menciptakan sebuah ritual adat bersih desa, dengan harapan dijauhkan dari bencana dan marabahaya dari sang maha pencipta.

Tak hanya peninggalan Raden Imam, warga Cermee juga menemukan benda bersejarah peninggalan tokoh Bondowoso yang lainnya.

Benda bersejarah itu, diantaranya daun lontar bertuliskan Aksara Palawa, sebuah Aksara yang umumnya digunakan warga India bagian selatan, serta beberapa gelang lengan bermotif bunga dan burung merak. Semua benda itu, tersimpan dalam sebuah kotak yang penuh dengan pahatan dan ukiran.

“Kalo dilihat dari bentuk serta informasi dari sesepuh desa, benda – benda itu diperkirakan peninggalan Megojoyo, yang ada di masa sekitar tahun 1700 Masehi. Yang mana, bersamaan masa ki Ronggo yang dikenal juga tokoh pembabat alasnya Bondowoso,” terang Andre Mustofa, Pegiat Sejarah.

Sementara itu, Kecamatan Cermee sendiri merupakan daerah perbatasan Bondowoso dengan daerah Panarukan, Situbondo. Panarukan, dulunya merupakan pelabuhan international pada masa kerajaan Majapahit.(Zulkiflie/Dir)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan