Jumat, 29 Maret 2024, 12:13
Home / JEMBER / BANJIR RENDAM RIBUAN RUMAH DI JEMBER
Petugas Memberikan Bantuan Kepada Korban Banjir. Sumber Foto : Zulkifkie

BANJIR RENDAM RIBUAN RUMAH DI JEMBER

Kondisi Rumah Yang Terendam. Sumber Foto : Zulkiflie

WAGATABERITA.COM – JEMBER. Tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan pegunungan Argopuro Jawa Timur, membuat ribuan rumah terendam banjir.

Pantauan wagataberita.com di tiga desa saja sudah ratusan rumah diterjang banjir, hingga terendam air selama berjam – jam.

3 desa itu adalah, Desa Jatiroto, Desa Yosorati, dan Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Jember.

Di Desa Sumberagung, aktifitas warga lumpuh total, lantaran banyak rumah terendam air dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Rendaman banjir sendiri, sudah terjadi sejak Minggu petang (02/04) hingga Senin dini hari (03/04/2017), lantaran hujan deras yang mengguyur daerah setempat.

Meski demikian, pada Senin siang rendaman air sudah mulai surut. Namun warga tetap khawatir, jika hujan deras kembali turun dan mengancam keselamatan warga.

Pasalnya, desa Sumberagung merupakan daerah yang lokasinya diapit oleh 2 aliran sungai, yakni sungai Jatiroto dan sungai Tanggullama, dan membuat daerah tersebut langganan banjir.

“Ada sekitar 1700 an kepala keluarga, yang terdampak banjir ini. Sementara pihak desa tetap siaga mengantisipasi hujan lebat yang kembali mengguyur daerah setempat, dan jika memang terjadi bukan tidak mungkin warga akan diungsikan,” terang Sunarto, Sekretaris desa Sumberagung.

Sementara, berdasarkan data BPBD Jember banjir yang terjadi sejak Minggu petang hingga Senin tersebut, merendam sebanyak 1.105 rumah. Upaya bantuan diberikan petugas gabungan dari BPBD, Polsek, Koramil, dan Muspika setempat, dengan memberikan bantuan logistik seperti nasi bungkus, paket tambahan gizi, serta perlengkapan kebersihan.

Petugas juga membantu proses pembersihan rumah warga, yang terdampak banjir. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …