Minggu, 23 September 2018, 13:25
Home / EDUKASI / HARI PERTAMA UN SMP DI MUNA BERJALAN BAIK
La Ane SPd, MPd Kasi Pembinaan Dan Penilaian SMP, Dikbud Muna.Sumber Foto : Zainal A

HARI PERTAMA UN SMP DI MUNA BERJALAN BAIK

WAGATABERITA.COM – RAHA. Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional SMP di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berjalan dengan baik. Komitmen pelaksanaannya (Fakta integritas) pun dilaksanakan dengan jujur demi menjaga kerahasiaan naskah dan Lembaran Jawaban Ujian Nasional (L JUN).

Kepala seksi pembinaan dan penilaian SMP, La Ane, S.Pd, M.Pd yang ditemui di ruang kerjanya terkait dilaksanakannya UN di hari pertama ini menjelaskan bahwa UN berjalan baik. Hanya ada beberapa persoalan kecil yang terjadi yakni persoalan daftar hadir tidak terdapat dalam amplop soal.

“Seperti di wilayah tiga Muna bagian timur ada sekolah, itu daftar hadirnya tidak ada. Tapi itu tidak jadi soal dan kami sudah memerintahkan agar dibuat secara tertulis dan sudah dilaksanakan,” ungkap La Ane, disela kesibukannya menerima pengembalian L JUN, Selasa (02/05/2017).

Untuk wilayah tiga ini dalam proses pengawasannya kami libatkan dua UPT Dikbud yakni UPT Dikbud Kecamatan Maligano dan UPT Dikbud Kecamatan Pasir putih. Dan terdapat satu tim kelompok pemantau UN yang dibentuk di salah satu SMP yakin SMP 1 Wakorsel.

“Dalam pengawasan UN kami libatkan dua UPT. Dan tidak ada hambatan selama UN terlaksana. Hanya saja untuk pengembalian L JUN dua sekolah terlambat, yakni SMPN 1 Pasikolaga dan MTs Lambelu. Namun semua itu karena wilayahnya menyeberang lautan, tapi telah kami atasi. Demi kerahasiaannya kami titip ke SMP 1 Wakorsel, karena di sekolah itu telah dibentuk tim kelompok pemantau UN dan kami yakin L JUN yang kami titip aman,” ucapnya.

Sementara untuk SMP wilayah daratan yakni di Muna induk, lanjut La Ane, pada pelaksanaannya juga tidak ada hambatan dan masalah sama sekali.

“Untuk daratan tidak ada masalah. Proses perjalanan UN – nya semua berjalan baik,” kata Kasi Pembina dan Penilaian SMP Dikbud Muna itu.

Dia menambahkan, UN kali ini dilaksanakan dengan berbasis manual dan berbasis online. Untuk berbasis online hanya SMPN 2 Raha yang lolos verifikasi, sementata yang lain, melaksanakan UN dengan manual atau menggunakan pensil.

“Ada 6 sekolah yang mengikuti verifikasi, namun hanya SMPN 2 Raha yang lolos verifikasi. Kelima sekolah lainnya itu adalah SMPN 1 Raha, SMPN 3 Raha, SMPN 4 Raha, SMPN 1 Tongkuno dan SMPN 1 Kabawo,” ungkapnya.

Penilaian hasil kelulusan SMP adalah berdasarkan standar kelulusan permendikbud No. 3 tahun 2012 tentang penilaian pemerintah dan satuan pendidikan.

Untuk penilaian satuan pendidikan diharuskan membuat panduan operasional sekolah (POS) ujian sekolah. (Zainal A/Halu)

Check Also

PEMBERHENTIAN MUNARTI SARAT KEPENTINGAN, SURAT MENDAGRI RI BERBEDA DENGAN SK PJ GUBERNUR SULTRA

WAGATABERITA.COM – MUBAR. Ketua DPRD Muna Barat (Mubar), Munarti, S.Pd,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *