Jumat, 19 April 2024, 1:26
Home / SURABAYA / ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG, TERMINAL PURABAYA TAMBAH 100 UNIT BUS PARIWISATA

ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG, TERMINAL PURABAYA TAMBAH 100 UNIT BUS PARIWISATA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Mengantisipasi penumpukan jumlah penumpang pada puncak arus mudik 2017, Terminal Purabaya siapkan tambahan bus pariwisata.

Koordinator Tata Terminal Purabaya, Ibnoe Sri Soedjatmiko Kamis (22/06/2017) mengatakan, puncak lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada H – 2 jelang Hari Raya Idul Fitri, Jumat besok.

Jalur Keberangkatan Di Terminal Purabaya, Kamis (22/06) Pagi Masih Terlihat Normal, Belum Ada Kepadatan Penumpang Arus Mudik. Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

Itu sebanya, pihaknya telah mempersiapkan armada bus tambahan yakni bus pariwisata untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik 2017. Jumlah bus tambahan itu 80 – 100 unit bus pariwisata tiap hari.

“Kita sudah siapkan tambahan bus pariwisata untuk antisipasi menumpuknya penumpang. Memang biasanya lonjakan penumpang pada waktu H – 2 lebaran, jadi kita siapkan sebanyak 80 – 100 unit bus Pariwisata per hari,” ujarnya.

Situasi Arus Mudik Di Terminal Purabaya, Kamis (22/06). Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

Ia juga menambahkan jika lonjakan penumpang di Terminal Purabaya, umunya lebih banyak terjadi pada malam hari. Hal itu dikarenakan sebagian besar tambahan penumpang yang datang dari pelabuhan Tanjung Perak. Sementara jadwal kedatangan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak umumnya pada malam hari. Jadwal tersebut secara otomatis berpengaruh pada lonjakan penumpang di terminal Purabaya.

“Lonjakan penumpang di terminal Purabaya lebih banyak malam hari, karena penumpang kebanyakan berasal dari pelabuhan Panjung Perak,” lanjutnya.

Namun menurutnya, lonjakan jumlah penumpang pada tahun ini relatif turun, karena banyaknya program mudik gratis yang diberikan baik oleh pemerintah maupun non pemerintah. “Penurunannya 30% dari tahun sebelumnya,” tambahnya. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil