Jumat, 29 Maret 2024, 12:22
Home / NEWS / DAPAT PENGHARGAAN DARI WALIKOTA SURABAYA, INI RAHASIA KAPOLRESTABES JAGA KEAMANAN KOTA
Polrestabes Surabaya Mendapat Penghargaam Dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

DAPAT PENGHARGAAN DARI WALIKOTA SURABAYA, INI RAHASIA KAPOLRESTABES JAGA KEAMANAN KOTA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Walikota Surabaya Tri Rismaharini berikan penghargaan kepada Kapolrestabes Surabaya M. Iqbal, dan Penyidik Madya 4 Ditresnarkoba Polda Jatim, Shinto Silitonga. Diberikan pada Rabu (05/07/2017) di Ruang Kerja Walikota, penghargaan diberikan atas prestasi keduanya dalam menurunkan angka kriminalitas di Surabaya.

Diakui Walikota, angka penurunan kriminalitas selama Bulan Ramadhan hingga lebaran tahun ini memang turun secara signifikan. Hal itu tidak lepas dari peran kepolisian yang terus menjaga Kota Surabaya. Untuk itu Risma memberikan apresiasinya berupa penghargaan secara simbolis.

“Biasanya tren kalau menjelang lebaran itu kejahatan naik. Tapi alhamdulillah tahun ini turun. Dibandingkan dengan hari biasa itu turun. Saya hanya ingin memberikan ucapan terima kasih dan kebanggaan saya karena kepolisian bisa jadi pengayom masyarakat Surabaya,” katanya.

Penurunan angka kriminalitas terjadi contohnya pada kasus narkoba, yang turun hingga 50%. Sedangkan untuk angka curanmor juga turun sebesar 73% di Bulan Ramadhan hingga lebaran tahun ini. “Penurunannya tinggi sekali. Narkoba hampir 50%. Curanmor 73%. Ini karena 3 pilar. Ini gak pernah terjadi. Ini sangat efektif sekali,” tambahnya.

Sementara itu Kapolrestabes Surabaya, M. Iqbal menyatakan jika keberhasilan polisi selama ini tidak lepas dari peran Walikota. Karena Walikota Surabaya memberikan akses kepada polisi untuk tidak hanya bisa berlari cepat tapi juga berlari jauh.

“Bayangkan kalau Surabaya tidak punya Walikota seperti beliau, polisi juga tidak akan bisa berlari jauh. Hanya bisa berlari cepat tapi tidak bisa berlari jauh. Kami paham bahwa proporsinya aparat kepolisian adalah membantu dari sudut pandang keamanan. Kami diberikan slot yang besar untuk berkreasi memastikan ide dan formula yang tepat, ujar Iqbal saat ditemui di Ruang Kerja Walikota Surabaya.

Menurut Iqbal, keberhasilan pengamanan di Kota Surabaya adalah karena metode pendekatan yang diterapkan. Penggunaan metode soft power yang didampingi hard power nyatanya bisa menurunkan angka kriminalitas secara signifikan.

“Dengan pendekatan soft power, stake holder yang bergandengan tangan dan tiga pilar, kami barengi dengan hard powernya Pak Shinto, reserse dan lain – lain, dapat menurunkan kejahatan secara luar biasa,” tambahnya.

Harapan kedepan, kepolisian akan terus menerapkan pendekatan tersebut di Surabaya, hingga angka kriminalitas turun menjadi nol (zero criminalitas). (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil