Senin, 23 Juli 2018, 14:35
Home / EKONOMI / INSPIRASI / SAMPAH PLASTIK DIOLAH JADI BAHAN BAKAR BENSIN DAN SOLAR
Teknologi Tepat Guna, Reaktor Pembakaran Yang Merupakan Bagian Dari Penyulingan. Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

SAMPAH PLASTIK DIOLAH JADI BAHAN BAKAR BENSIN DAN SOLAR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sampah plastik adalah sampah yang tidak dapat didaur ulang dengan mudah. Sampah plastik yang berceceran juga berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Namun ditangan Edo Dwi Praptono dan kawan – kawannya, sampah plastik dapat diolah menjadi bahan bakar kendaraan.

Inovasi pembuatan bahan bakar dari plastik adalah dengan melakukan metodethermal cracking. Metode tersebut merupakan cara yang didapatkan melalui pembakaran plastik suhu tinggi 300 – 400°C tanpa oksigen. Satu kilogram plastik dapat menghasilkan satu liter bahan bakar berupa bensin dan solar.

Jenis plastik yang dapat digunakan cukup melimpah, seperti jenis plastik PP (gelas air kemasan), HDPE (botol shampoo), PETE (botol air kemasan), Other (bungkus makanan ringan), dan sampah plastik lain yang dapat dengan mudah ditemukan di aktivitas sehari – hari di masyarakat.

Edo, ketua kelompok penemu inovasi tersebut mengungkapkan bahwa sampah plastik selain dapat merusak lingkungan, juga dapat mengganggu ketersediaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Peningkatan jumlah sampah plastik akan berpengaruh terhadap ketersediaan lahan TPA sebagai lokasi penimbunan sampah,” tandas Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga itu Jumat (07/07/2017).

Untuk itu pengolahan sampah plastik perlu dilakukan agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. “Konversi sampah plastik menjadi bahan bakar ini dapat dijadikan solusi untuk mengatasi tingginya timbunan sampah plastik di TPA dan digunakan sebagai alternative bahan bakar pengganti bahan bakar fosil. Bayangkan saja jika seluruh TPA di Indonesia melakukan konversi seperti ini, maka Indonesia akan terbebas dari permasalahan sampah plastik global,” tambahnya. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

VIDEO KEGIATAN DISKUSI ANAK SELURUH INDONESIA PERINGATI HARI ANAK NASIONAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Hari Anak Nasional, di peringati dengan mengadakan diskusi anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *