Sabtu, 26 Mei 2018, 15:18
Home / NEWS / JADI LAUTAN SAMPAH, TIM RELAWAN BERSIH – BERSIH GUNUNG BROMO
Tim relawan saat bersihkavn sampah Bromo. Sumber Foto : Zulkiflie

JADI LAUTAN SAMPAH, TIM RELAWAN BERSIH – BERSIH GUNUNG BROMO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Peringatan Yadnya Kasada yang telah dilaksanakan pada Senin kemarin (10/07), menyisakan ribuan tumpukan sampah makanan dan minuman, para wisatawan yang dibuang secara sembarangan, di areal gunung Bromo maupun lautan pasir.

Selasa pagi (11/07/2017), Tim relawan Bromo lover bersama para pecinta Alam, melakukan aksi bersih – bersih sampah di sekitar obyek wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut.

Hasil tumpukan sampah Bromo. Sumber Foto : Zulkiflie

Aksi bersih – bersih dilakukan sejak pukul 08 : 00 dan berakhir pukul 11 : 30. sebanyak 4 unit pick up sampah, diterjunkan guna mengangkut belasan Ton sampah, yang tersebar di titik bawah, hingga Kaldera gunung Bromo.

Rata – rata jenis sampah yang menumpuk di Bromo, yakni sampah plastik pembungkus makanan dan minuman. Karena tidak dapat terurai, sampah – sampah tersebut sangat mengganggu pemandangan. Selain itu, sampah non-organik sangat berbahaya bagi keberlanjutan ekosistem kawasan Gunung Bromo.

Relawan Bromo Lover, Teguh Wibowo menyampaikan, ada 110 relawan yang ikut melakukan bersih – bersih Bromo. Mereka diantaranya, pencinta alam dari 4 daerah (Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang), serta pihak TNBTS dan PVMBG, IPNU – IPPNU Pasuruan dan beberapa komunitas serta pelajar.

“Yadnya Kasada Kali ini, kita harus membersihkan secara ekstra, lantaran di seputaran kaldera banyak tumpukan sampah, dimungkinkan aksi akan berlangsung selama 5 hari, atau sampah bromo benar – benar bersih,” terang Teguh.

Sementara itu, Camat Sukapura, Yulius Christian menyampaikan, ia sangat mengapresiasi atas kepedulian Tim relawan dan pecinta alam, yang perduli terhadap lingkungan. Pihaknya merasa sangat terbantu, dalam menjaga kelestarian lingkungan di areal obyek wisata gunung Bromo. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

KERJA KERAS DAN KOMITMEN APARATUR, PEMPROV JATIM KEMBALI RAIH WTP YANG KE TUJUH KALI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *