Selasa, 12 Desember 2017, 21:16
Home / NEWS / BUPATI EMIL KIRAP PIALA ADI PURA DI TRENGGALEK
Bupati Emil Bersama Istrinya Arumi Bachsin Lakukan Kirap Piala Adipura. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

BUPATI EMIL KIRAP PIALA ADI PURA DI TRENGGALEK

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Dapatkan piala Adipura bersama kurang lebih 100 kabupaten / kota lainnya, Kabupaten Trenggalek lakukan kirap piala Adipura menelusuri sepanjang jalanan menuju kota. Tak heran jika ribuan pasang mata tak mau kehilangan momen berharga tersebut, setelah 2 tahun Kabupaten dengan sebutan kota tempe kripik ini tak mendapatkan piala Adipura.

Kirap piala Adipura ini dimulai dari wilayah paling timur Trenggalek yakni Kecamatan Durenan hingga menuju alun – alun kota. Terlihat, beberapa pasukan kuning yang ikut berpartisipasi dalam kirap tersebut dengan menggunakan mobil Jeep dan truk warna kuning.

“Kirap piala Adipura ini bukan semata – mata untuk memamerkan apa yang telah dicapai Pemerintah daerah dalam beberapa kurun waktu terakhir. Tetapi sebagai wujud apresiasi Pemerintah terhadap peran satuan tugas kebersihan bersama masyarakat dalam mewujudkan kebersihan lingkungan di Kabupaten Trenggalek,” ungkap Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak saat dikonfirmasi, Kamis (03/08/2017).

Sekitar 116 kabupaten/kota di Indonesia mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Rabu (02/08) malam.

Penghargaan ini merupakan Adipura ke – 8 yang pernah diraih kota Keripik Tempe.

Program Adipura sendiri merupakan salah satu Program Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mendorong terwujudnya kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan dalam mewujudkan layak huni.

“Kota yang berkelanjutan harus mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan juga pembangunan lingkungan dengan turut mendorong partisipasi aktif masyarakatnya,” tandas Emil.

Emil mengatakan aspek terpenting dalam penilaian Adipura tentu saja mencakup kebersihan kota dan pengelolaan sampah. Saat ini kriteria penilaian diperluas dengan mencakup tiga aspek yang meliputi brown issue, green issue, dan white issue.

Dalam kirap piala Adipura kali ini, sama seperti kirap sebelumnya bahwa setelah 2 tahun tak mendapatkan predikat kabupaten yang bersih lingkungan, masyarakat Trenggalek sangat menyambut baik penghargaan piala Adipura yang berhasil diraih dalam masa kepemimpinan Bupati Emil Dardak bersama Wakilnya Mochammad Nur Arifin.

Terbukti sepanjang jalan yang dilintasi pasukan kirap piala Adipura, dipadati oleh masyarakat Trenggalek. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN DI TRENGGALEK MELAMBAT DI 5 TAHUN TERAKHIR

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Selama 5 tahun terakhir, diketahui pertumbuhan perekonomian di Kota Tempe Kripik semakin melambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *