Sabtu, 26 Mei 2018, 15:17
Home / MALANG / DIKENAL SUMBER AIR NYA BERPETUAH SUMBERAWAN DIKUNJUNGI PIMPINAN WAGATABERITA.COM

DIKENAL SUMBER AIR NYA BERPETUAH SUMBERAWAN DIKUNJUNGI PIMPINAN WAGATABERITA.COM

WAGATABERITA.COM – SINGOSARI. Candi Sumberawan terletak dilokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang berjarak 6 km dari Candi Singosari. Candi ini dikenal sebagai peninggalan Kerajaan Singhasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu.

Candi yang terbuat dari batu andesit dengan ukuran panjang 6,25 m, lebar 6,25 m, dan tinggi 5,23 m, dibangun pada ketinggian 650 m di atas permukaan laut, di kaki bukit Gunung Arjuna. Selain candi yang pemandangan nya indah terdapat sebuah telaga yang sangat bening airnya.

Air di telaga ini ternyata dianggap bertuah oleh masyarakat pada umum nya. Termasuk pimpinan wagataberita.com yang berkunjung kelokasi untuk mandi dilokasi telaga di Candi Sumberawan ini.

Air di Telaga juga dipercaya masyarakat berguna untuk kesehatan tubuh baik di minum maupun di buat mandi. Suhu air yang dingin dan airnya yang jernih sering kali dibuat minum dan mandi bagi yang berkunjung, bahkan tak sedikit pengunjung yang juga membawa pulang air telaga untuk di konsumsi.

Nuryadi generasi ke empat juru pelihara Candi Sumberawan yang ditemui wagataberita.com mengatakan “nama telaga Kasurangganan yang artinya Taman Bidadari dari Surga berasal dari Bahasa Sangsekerta, keberadaan Candi sebagai alat transformasi air biasa menjadi Amerta.”

Diketahui Dalam mitologi Hindu dan mitologi Buddha, Amerta yang berarti minuman para Dewa yang dihasilkan dari mengaduk – aduk samudra. Ceritanya terdapat dalam kitab Adiparwa. Kata amerta secara harafiah artinya adalah “ke – tidak – mati – an” dan berasal dari akar kata merta yang berarti maut.

Sehingga akhir nya air dipercaya berpetuah, hingga saat ini oleh masyarakat, Sabtu (12/08/2017). (Juliman)

Check Also

KERUKUNAN ANTAR UMAT DAN KUALITAS AHKLAK BUAT KEHIDUPAN BERAGAMA SEMAKIN BAIK

WAGATABERITA.COM – MALANG. Kegiatan kajian Ramadhan 1439 Hijriyah dan buka bersama di selenggarakan di Gedung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *