Sabtu, 22 September 2018, 7:09
Home / SULAWESI TENGGARA / BUKIT WAKILA DESTINASI WISATA MUNA, MILIKI NILAI SEJARAH YANG TINGGI
Objek Wisata Bukit Wakila Banyak Di Kunjungi Wisatawan Lokal Dari Berbagai Daerah Di Sultra. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

BUKIT WAKILA DESTINASI WISATA MUNA, MILIKI NILAI SEJARAH YANG TINGGI

WAGATABERITA.COM – MUNA. Bukit Wakila adalah salah satu objek wisata yang belum lama ini dirintis oleh masyarakat, yang terletak di Desa Kondongia,  Kecamatan Lohia Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara.

Objek wisata itu adalah merupakan salah satu pagar destinasi wisata yang memiliki ketinggian sekitar 420 meter di atas permukaan laut. Ini salah satu dari tujuh pesona wisata alam lainnya yang ada di Muna.

Bukit itu, menawarkan keindahan panorama alam yang berpadu dengan birunya lautan sepanjang mata memandang dan Kini menjadi salah satu sorotan wisata lokal yang dikunjungi oleh berbagai kalangan, dari anak – anak,  orang dewasa hingga pengunjung kalangan orang tua. Dari daerah kabupaten tetangga pun, seperti Kota – Kota Kendari, Baubau dan Buton, menarik perhatiannya untuk berkunjung ke pagar destinasi wisata itu.

Di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas yang sudah dirangkai oleh kaum muda yang berkreasi telah mereka siapkan. Seperti gazebo untuk tempat beristirahat, tersedia pula sejumlah spot buatan hasil karya dari pemuda setempat diantaranya spot bunga matahari, kupu – kupu, gembok cinta, gubuk cinta, burung garuda, burung elang bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen (selfi) di setiap sudut pemandangan dipuncak bukit wakila.

Kuburan Tua Di Wakila Yang Terletak Ditengah Bukit. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

Salah satu pengunjung Nana Imtinan mengatakan, baru pertama kali ke puncak bukit wakila dan untuk sampai kepuncak tertinggi sempat mengalami kelelahan serta rasa takut dengan tanjakkan terjal yang didaki namun sesampainya diatas semua rasa itu langsung terbalaskan.

“Untuk sampai ke atas sini penuh perjuangan. Saya sampai melepas sapatu dan berpegangan dipundak teman. Tapi hasilnya memuaskan lelah pun serasa hilang karena tanpa ada yang menghalangi kita bisa melihat indahnya sebagian kota Raha dari ketinggian sekaligus bisa selfi,” Kata Nana yang datang bersama teman – temannya di tempat objek  wisata bukit wakila itu pada wagataberita.com.

Kepala Desa Kondongia, Rafidin yang ditemui menceritakan, asal muasal bukit Wakila berasal dari nama orang yang menjadi penghuni pertama dibukit tersebut. Konon pada zaman dulu sekitar 80 persen pulau Muna yang masih lautan, membuat masyarakat hanya dapat bermukim dan berkuasa di atas bukit salah satunya Wakila yang merupakan saudara dari bukit Labarangka dan bukit Lakubu – kubu.

“Dulunya disini (bukit wakila) merupakan tempat pelaksanaan ritual masyarakat setempat yang sudah terjadi sejak turun – temurun ketika didalam kampung terjadi hal – hal yang berbau mistis seperti kejadian bencana alam ataupun gangguan mahluk halus. Jadi saat itu para nenek moyang kita ziara di kuburan Wakila untuk meminta keberkahan agar dijauhi dari marabahaya,” Tutur Rafidin.

Menurutnya, dari cerita masyarakat terdahulu adalah sebuah mitos sebab susah untuk dirasionalkan namun untuk bukti memang terdapat sebuah kuburan ditengah bukit yang dinyatakan kuburan dari Wakila orang pertama penghuni di Desa Kondongia. (Zainal Arifin Suyoto/Halu)

Check Also

PEMBERHENTIAN MUNARTI SARAT KEPENTINGAN, SURAT MENDAGRI RI BERBEDA DENGAN SK PJ GUBERNUR SULTRA

WAGATABERITA.COM – MUBAR. Ketua DPRD Muna Barat (Mubar), Munarti, S.Pd,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *