Sabtu, 20 Januari 2018, 8:25
Home / KESEHATAN / BPJS KESEHATAN HANYA GANDENG FASKES TERBAIK
Kepala Cabang Utama BBJS Surabaya Mokhamad Cucu Zakaria Saat Memberikan Keterangan Pers Di Ballroom Lt.2 Hotel Mercure Surabaya, Senini (12/09/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

BPJS KESEHATAN HANYA GANDENG FASKES TERBAIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Salah satu komitmen BPJS Kesehatan adalah memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas, profesional, dan memuaskan. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan senantiasa menerapkan seleksi ketat melalui proses kredensialing bagi fasilitas kesehatan yang hendak menjalin kerja sama.

“Penambahan jumlah fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan perlu dilakukan untuk melayani jumlah peserta JKN – KIS yang meningkat dari waktu ke waktu. Namun, tidak semua faskes serta merta bisa jadi mitra BPJS Kesehatan, karena BPJS Kesehatan hanya “membeli pelayanan kesehatan di faskes terseleksi,” jelas Kepala Cabang Utama BPJS Surabaya M.Cucu Zakaria saat memberikan keterangan kepada wartawan dalam acara pertemuan jejaring komunikasi antar Faskes primer dengan sekunder di Ballroom Lt.2 Hotel Mercure Surabaya, Senin (12/09/2017).

Menurut Zakaria, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, fasilitas kesehatan (faskes) milik pemerintah wajib bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Sementara fasilitas kesehatan milik swasta dapat menjadi mitra BPJS Kesehatan dengan memenuhi persyaratan dan kredensialing yang tertuang dalam regulasi pemerintah. Adapun seleksi dan kredensialing tersebut melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat dan/atau Asosiasi Fasilitas Kesehatan. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

DIFTERI MENULAR MELALUI PERCIKAN LUDAH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Prof Ismudianto, SpaK Sekjen Kementerian Kesehatan RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *