Jumat, 19 April 2024, 9:49
Home / PROBOLINGGO / NASI TABHEK SANTRI, TEMBUS REKOR MURI
Ribuan Santri Saat Makan Nasi Tabhek Bersama, Minggu (22/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

NASI TABHEK SANTRI, TEMBUS REKOR MURI

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Ribuan santri se – Jawa Timur menorehkan rekor dunia dalam sajian makan nasi Tabhek bersama, yang digelar di lapangan pondok pesantren Nurul Jadid, Paiton, kabupaten Probolinggo, pada Minggu (22/10/2017).

Makan nasi Tabhek, dilakukan bersama oleh ribuan santri, usai mengikuti upacara peringatan hari santri nasional ke 3. Museum rekor dunia Indonesia mencatat, sedikitnya ada 1025, porsi nasi Tabhek dipersiapkan dalam acara kali ini.

Sementara, untuk jumlah peserta yang ikut makan nasi Tabhek bersama, ada sekitar 12.297 santri, yang berasal dari sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur.

Atas prestasi tersebut, Sri Widayati perwakilan dari museum rekor dunia Indonesia mencatat, bahwa acara makan nasi Tabhek telah menembus rekor muri, bahkan rekor dunia.

Salah seorang santri, Zakia Soliha mengatakan, Nasi Tabhek merupakan ciri khas pondok pesantren. Nasi Tabhek biasanya dibawa oleh wali santri, ketika menjenguk anaknya di pondok. Nasi Tabhej kemudian dimakan bersama, oleh sekitar 10 orang santri atau teman satu kamar di pondok pesantren.

“Bersyukur kalo nasi Tabhek ini masuk rekor muri, karena dengan cara itu, secara otomatis nasi Tabhek kini sudah mendunia, karena dikenal banyak orang,” ungkap Zakia.

Sementara itu, kepala pondok pesantren Nurul Jadid, KH Abdul Hamid Wahid berharap, dalam peringatan HSN yang ke 3 ini, para santri bisa terus berkreativitas, dengan jati diri santri yang berkarakter, berakhlak, dan bisa berguna untuk kemaslahatan umat dan bangsa. (Zulkiflie)

Check Also

KUNJUNGI BROMO KHOFIFAH HIMBAU JANGAN NODAI DENGAN SAMPAH SERTA DUKUNG BEBAS KENDARAAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Guna mendukung pengembangan potensi pariwisata