Sabtu, 23 Juni 2018, 13:38
Home / EKONOMI / 2 PEKAN TERAKHIR, IKAN LAUT DI PROBOLINGGO LANGKA DAN MAHAL
Pedagang Ikan Di Pasar, Sabtu (13/01/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

2 PEKAN TERAKHIR, IKAN LAUT DI PROBOLINGGO LANGKA DAN MAHAL

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Sejak 2 pekan terakhir, stok ikan di Pasar Ikan Mayangan kota Probolinggo, Jawa Timur, mengalami kelangkaan. Kelangkaan ikan, berdampak pada harga jual ikan yang menjadi mahal, Sabtu (13/01/2018).

Menurut informasi para pedagang ikan setempat, selain disebabkan cuaca laut yang sering memburuk. Adanya pelarangan penggunaan jaring Cantrang, menjadi salah satu faktor berkurangnya stok ikan. Hal itu seperti yang disampaikan Khotijah, salah seorang pedagang ikan di Pasar Ikan Mayangan.

Menurutnya, stok ikan yang masih tersedia di pasar, adalah jenis ikan Cumi, dan ikan kecil lainnya. Sementara, untuk jenis ikan besar seperti ikan Kakap, ikan Merah, ikan Dorang, maupun jenis ikan besar lainnya, nyaris tidak tersedia.

“Kalo saat ini yang ada cuma ikan Cumi, itu saja harganya sudah 30 ribu perkilogram, padahal biasanya cuman 20 ribu perkilogram. beda lagi dengan harga ikan Merah, yang stoknya nyaris tidak ada. Saat ini harganya mahal, sekitar 55 ribu perkilogram, padahal biasanya cuman 40 ribu perkilogram,” ungkap Khotijah.

Lebih lanjut Khotijah menjelaskan, jika sejumlah ikan tersebut merupakan stok ikan yang dipasok dari daerah lain, bukan berasal dari Probolinggo sendiri. “saat ini kalo untuk memenuhi kebutuhan hidup, ya dari berhutang dan gadaikan barang berharga, seperti kalung, gelang dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, langka dan mahalnya harga ikan, tak hanya diresahkan oleh para pedagang ikan di pasar. Mahalnya harga ikan, juga dikeluhkan oleh para pembeli ikan. Seperti yang disampaikan Dewi, salah seorang pembeli ikan di pasar.

“Ya mahal harga ikan sekarang. ini terpaksa beli ikan Cumi saja, itupun cuman sedikit karena harganya lumayan mahal. Saya harap tidak terus – terusan naik harganya. Biar masih beli ikan,” katanya. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

UMKM MENJADI SUMBER UTAMA PENDORONG PEMBANGUNAN EKONOMI JAWA TIMUR DITENGAH KONDISI GLOBAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo menghadiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *