Sabtu, 23 Juni 2018, 13:32
Home / ENTERTAINMENT / EVENT / IWO SIBOLGA – TAPTENG DIALOG POLITIK

IWO SIBOLGA – TAPTENG DIALOG POLITIK

WAGATABERITA.COM – SIBOLGA. Tak lama usai dilantik 2 pekan lalu, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sibolga – Tapteng langsung menggelar dialog publik dengan melibatkan lintas kepentingan di kota Sibolga.

Ketua Panitia Dialog, Edu Laoly dalam keterangan persnya di Sibolga, Sabtu (03/02/2018) menyebutkan event ini beririsan dengan konteks kepemiluan yang memang menjadi tema menarik hingga tahun depan.

“Indonesia memang memasuki tahun- tahun panas tentang politik, dan selain Pilgub Sumut yang sudah dekat (Juni 2018 red), konteks Pemilu Legislatif juga adalah sesuatu yang substansial untuk dibicarakan secara dialogis,” kata Edu.

Dia menyebut, dialog ini akan mengangkat tajuk ‘Sibolga di Persimpangan Pemilu 2019, 2 atau 4 Dapil’ Sebuah isu dan wacana yang saat ini menjadi perbincangan hangat tidak saja oleh lembaga penyelenggara Pemilu KPU.

“Daerah pemilihan ini menyasar semua aspek, yang paling mengena memang adalah partai politik dan para caleg nantinya. Panwas Sibolga juga beririsan dengan persoalan Dapil, termasuk pemerintah setempat,” kata Edu.

Menurut alumnus jebolan STIE Sibolga ini, dialog yang akan digelar secara santai dan sederhana ini nantinya akan menghadirkan para pembicara yang berkompeten dalam menyampaikan pendapat serta argumentasinya soal Dapil. Baik KPU, Panwas, partai politik serta Pemerhati.

“Kita juga akan menghadirkan para peserta dari kelompok mahasiswa, partai dan pemuda serta masyarakat, karena ini menyangkut keberlanjutan aspek pemilu, dan semua pihak kami nilai terlibat secara proporsional,” ujar Edu.

Berbagai argumentasi tersebut, lanjut Edu diharapkan menjadi penguatan atau referensi bagi KPU Sibolga dalam menjalankan tahapan selanjutnya diantaranya merekomendasikan jumlah Dapil di Kota Sibolga.

“Ya tentu, aspirasi, saran dan argumentasi yang membangun kecerdasan politik kita bersama menjadi prasyarat berlangsungnya suasana dialogis yang menarik,” kata mantan Ketua Cabang GMNI Sibolga Tapteng ini.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Dialog, A Barasa menuturkan, dialog akan dilaksanakan Senin 5 Februari awal pekan ini. Dikatakan, kegiatan memilih tempat yang sederhana namun strategis yakni di warung kopi Hens Coffee di kota Sibolga dan direncanakan dimulai pukul 15 : 00 WIB.

Menurut dia, selain agar menyajikan suasana santai dan akrab. Pemilihan tempat di warung kopi diharapkan juga sebagai kampanye dukungan IWO terhadap tumbuh dan berkembangnya industri kecil dan menengah di Kota Sibolga.

Dia menambahkan, dialog ini juga akan dipandu oleh wartawan senior dan kawakan di Kota Sibolga, Deny Siahaan sebagai moderator.

“Kita berharap para narasumber menghadirkan suasana dialogis yang terbuka dan transparan serta mendidik, karena kita berharap pesta politik Pemilu Legislatif 2019 nantinya tidak saja berorientasi pada kuantitas perwakilan rakyat tapi juga kualitas sehingga keterwakilan rakyat bisa terejawantahkan saat para dewan nantinya menjabat,” tutupnya. (Red)

Check Also

PASANG SPANDUK IWO SIBOLGA HIMBAU WARGA LINDUNGI SUMBER DAYA HUTAN

WAGATABERITA.COM – SIBOLGA. Bunga Bangkai (Amorphollus Titanum) yang merupakan bunga langka dunia yang tumbuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *