Sabtu, 23 Juni 2018, 13:38
Home / NEWS / KARTINI ILHAM KAUM PEREMPUAN SEPANJANG MASA

KARTINI ILHAM KAUM PEREMPUAN SEPANJANG MASA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Bude Karwo menyambut baik penyelenggaraan acara Kartini’s Day yang didedikasikan untuk memperingati Hari Kartini. Acara ini sekaligus mengingatkan bahwa kaum perempuan memegang peranan penting dalam sejarah perjuangan bangsa dan pembangunan Indonesia hingga saat ini.

“Ibu kita Kartini merupakan inspirator besar sekaligus pejuang bangsa yang menjadi ilham bagi kaum perempuan dari masa ke masa yang dengan gigih memperjuangkan kaum wanita dari kebodohan dan keterbelakangan,” katanya, Rabu (18/04/2018).

Menurutnya, Kartini bukan hanya mengkritisi budaya yang menindas kaum perempuan tapi juga membangun apa yang sudah dikritiknya. Ia membangun kesadaran kaum perempuan pada kapasitas dan kemampuan mereka melalui institusi pendidikan yang dibangunnya.

Kartini di era digital sekarang, lanjutnya, tidak cukup dengan tampil cantik, modis dan elegan, tapi juga harus cerdas memanfaatkan peluang persaingan bebas. Kaum perempuan harus peka (tidak boleh bersikap masa bodoh), cerdas (berjiwa pembelajar), cerdik (bertindak strategis), serta berakhlak mulia dalam menyikapi  era kebebasan informasi.

“Akhlak yang baik ini penting terutama untuk bisa mengerem kita dalam era informasi tanpa batas saat ini,” katanya.

Dalam acara pembukaan ini, diisi peragaan busana bertajuk ‘Perempuan Kebaya dan Batik’ dan penampilan 21 wanita yang melukis bersama – sama. Acara yang berlangsung dari tanggal 18 – 22 April ini diramaikan dengan berbagai lomba, talkshow serta stand pameran yang terdiri dari fashion, furniture, aksesoris, serta berbagai stand kuliner khas Jatim seperti rawon dan pecel.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua II Dekranasda Jatim yang juga istri Ketua DPRD Provinsi Jatim, Dra. Hj. Lilik Abdul Halim Iskandar, Ketua Persit Chandra Kirana Pengurus Daerah V Brawijaya, Ibu Mia Arif Rahman, Ketua Jalasenastri, Ibu Retno Didik Setiyono, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Hj. Chairani Yuliati Akhmad Sukardi, S.Sos, serta ibu – ibu dari berbagai organisasi wanita yang ada di Jatim. (Red)

Check Also

MENTERI PUPR MINTA DOA AGAR TOL TRANS JAWA DAPAT BEROPERASI AKHIR 2018

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang meresmikan ruas jalan Tol Gempol – …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *