Senin, 28 Mei 2018, 11:59
Home / EDUKASI / TERKENDALA KOMPUTER SMP 1 DURUKA GAGAL TERDAFTAR UNBK, TERMASUK SMPN 4, TAPI SIAP IKUT DI TAHUN DEPAN
Kasek SMPN 4 Raha Bersama Dewan Guru Dan Tim Pemantau UN Di Ruang Rapat Dewan Guru.

TERKENDALA KOMPUTER SMP 1 DURUKA GAGAL TERDAFTAR UNBK, TERMASUK SMPN 4, TAPI SIAP IKUT DI TAHUN DEPAN

WAGATABERITA.COM – MUNA..Sekira 5.219 pelajar SMP dan Madratsah di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini Senen (23/04/2018), melaksanakan Ujian Nasional (UN). Dua SMP di antaranya mengikuti Ujian Nasional Bertaraf Komputer (UNBK), yakni SMPN 2 Raha dan SMPN 1 Tongkuno. Kendati demikian dari daftar peserta UN itu, terdapat sebagian kecil yang tidak hadir mengikuti Ujian.

Seperti halnya di SMPN 3 Raha, 156 pelajarnya yang terdaftar, sebanyak 13 orang yang tidak ikut UN. Begitu pula di SMPN 4 Raha, dari 171 yang terdaftar hanya 159 yang mengikuti UN. Sama halnya dengan SMPN 1 Raha, dari data yang di peroleh wagataberita.com beberapa waktu lalu (12/04 peserta yang mengikuti Ujian sekolah hingga pelaksanaan UN hari ini masih tetap sama sebanyak 209 dari 303 yang terdaftar sebagai peserta Ujiannya.

Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 4 Raha, Ria La ode Tamrin Tonda, S.Pd, M.Pd, saat ditemui di sekolahnya, sedang memantau langsung pelaksanaan UN bersama beberapa awak media di Muna, terkait pelaksanaan UN membenarkan jika siswanya yang mengikuti UN hari ini sebanyak 159 orang dari 171 yang terdaftar sebagai peserta UN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna.

“Iya, sebanyak 12 orang siswa saya yang tidak ikut ujian sekolah hingga UN hari ini. Mereka yang tidak ikut itu karena sudah pindah kedaerah lain sebelum pelaksanaan ujian. Alasannya mengikuti orang tuanya yang sudah pindah kedaerah lain. Dan kita sudah berusaha untuk mengikut sertakan mereka baik ujian sekolah maupun UN, namun lagi – lagi mereka tetap bertahan untuk ikut orang tua mereka yang pindah kedaerah lain,” terang Tamrin.

SMPN 4 Raha ini adalah sekolah yang memiliki banyak prestasi, kendati demikian, SMP ini tidak terdaftar sebagai sekolah yang dapat mengikuti Ujian Nasional Bertaraf Komputer (UNBK).

Terkait hal itu, Tamrin Tonda yang juga sebagai Koordinator Kasek SMP Kabupaten Muna ini menjelaskan jika sekolah yang dipimpinnya ini sesungguhnya sudah memadai untuk ikut UNBK, tetapi ada hal lain ketidak puasan sekolah kami yakni untuk memberikan rasa kenyamanan bagi siswa dalam melaksanakan ujian itu juga harus kami persiapkan, agar siswa lebih baik lagi dalam melaksanakan ujian.

“Tidak ikutnya UNBK itu sebenarnya dari segi sarana prasarana 80% sdh memenuhi kriteria namun karena ada hal lain, maka kami Insya Allah akan persiapkan di tahun depan untk bisa mengikuti UNBK,” Kata Koordinator Kasek SMP di Muna itu.

Sementara Kasek SMPN 1 Duruka Kecamatan Duruka Kabupaten Muna, Hajirun Oha, S.Pd, MP yang juga adalah Kasek yang sering meraih peringkat terbaik Nasional ini, dan pada pertengahan April 2018 baru – baru ini meraih peringkat kedua Instruktur Kasek Nasional di bandung, terkait sekolah yang di pimpinnya tidak dapat mengikuti UNBK, dirinya mengatakan bahwa hal itu dikarenakan terkendala pada sarana Komputer yang tidak memadai.

Pelajar SMPN 3 Raha, Sesaat Sedang Menunggu Pelaksanaan UN Di Depan Ruang Belajar.

“Jumlah Komputer kami sebanyak 20. Jika di bagi tiga sesi peserta UNBK itu tidak mencukupi. Namun dirinya berharap kedepan sekolah yang di pimpinnya sudah dapat mengikuti UNBK,” ucap Kasek Berprestasi Nasional itu, di ruang kerjanya.

Dengan memiliki prestasi yang gemilang yang selalu membawa nama baik Kabupaten Muna dan Provinsi Sulawesi Tenggara di tingkat Nasional, Hajirun Oha yang memiliki peserta UN hanya 85 orang pelajar, dirinya tetap ikhlas dan taat dalam menjalankan amanah yang di embaninya.

Pelaksanaan Ujian Nasional SMP dan Madratsah, di gelar pada pukul 10 : 30 WITA hingga 12 : 30 WITA dengan mata pelajaran yang di ujiankan pada hari pertama adalah Bahasa indonesia. (Zainal Arifin Suyoto)

Check Also

RAKOR KEPALA SEKOLAH SMA SWASTA SUSUN SOP MPLD SMA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kegiatan rapat Koordinasi Kepala SMA Swasta se Jatim,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *