Jumat, 17 Agustus 2018, 10:10
Home / NEWS / PERINGATI HARLAH PANCASILA PNS PEMKOT PROBOLINGGO KIRAB NUSANTARA
Kirab budaya PNS Pemkot Probolinggo, Jum'at (22/06/2018) Sumber Foto : Zulkiflie.

PERINGATI HARLAH PANCASILA PNS PEMKOT PROBOLINGGO KIRAB NUSANTARA

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Cara unik dilakukan para pegawai negeri sipil, yang berdinas di lingkungan pemerintah kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, guna memperingari hari lahirnya Pancasila.

Jum’at (22/06/2018), para PNS yang berasal dari 41 satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) setempat, melakukan Kirab bertema “Kita Pancasila : Bersatu, berbagi, dan Berprestasi.”

Kirab sendiri dilakukan dengan mengitari jalanan protokol kota Probolinggo, yang dimulai dari halaman depan kantor Pemkot Probolinggo, Jl. dr Soetomo-Jl Suroyo, dan kembali ke titik awal.

Uniknya, para PNS tersebut keliling jalanan kota sambil mengenakan beragam pakaian adat nusantara. Kirab sendiri, dilepas dan diikuti oleh Walikota Probolinggo, Rukmini.

Selain untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, kirab kali ini juga bertujuan menangkis masuknya faham radikalisme, di jajaran pegawai negeri sipil.

Salah seorang peserta kirab, Ana Anggraeni mengaku senang mengikuti jalannya kirab. Selain menjadi tradisi baru dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, juga dapat memperkuat tali silaturahmi antara ASN.

“Senang selain pakai busana adat bisa bersilaturahim dengan yang lain karena masih nuansa lebaran,” Kata pegawai dari Dinkes ini.

Sementara itu, Panitia Kirab Pramito Legowo menyampaikan, jika selain mengimplementasikan Pancasila, kirab kali bertujuan memperkuat rasa nasionalisme di jajaran PNS.

“Jadi ini merupakan bagian dari mencegah masuknya faham intoleransi, dan radikalisme di lingkungan PNS,” jelasnya. (Zulkiflie)

Check Also

PANTAU PEMBUATAN E – KTP, WALIKOTA RUKMINI SIDAK KELURAHAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Walikota Probolinggo, Rukmini, melakukan inspeksi mendadak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *