Jumat, 21 September 2018, 12:55
Home / TRAVEL / GALLERY / BERBEKAL TEKHNIK PIROGRAFI, EKS KARYAWAN PABRIK INI, HASILKAN KARYA SENI LUKISAN DINDING 3 DIMENSI
Karya seni lukis 3 dimensi.

BERBEKAL TEKHNIK PIROGRAFI, EKS KARYAWAN PABRIK INI, HASILKAN KARYA SENI LUKISAN DINDING 3 DIMENSI

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Dengan merubah limbah kayu olahan pabrik, menjadi sebuah karya seni lukis 3 dimensi.

Agustinus Eko (45), warga Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo ini, mampu menghasilkan sebuah produk bernilai jual tinggi.

Dalam membuat karya seni nya itu, Agus bahkan menggunakan tekhnik berbeda dari biasanya, dimana ia menamainya Tekhnik ‘Pirografi’.

Pirografi sendiri, merupakan seni dekorasi dari kayu atau bahan lain, dengan cara membuat gambar dari hasil pembakaran.

Uniknya keahlian membuat karya seni tersebut, dilakukan Agus secara otodidak. Agus mengaku, ide membuat karya seni nya tercetus, setelah ia berhenti menjadi karyawan pabrik.

“Setelah berhenti kerja di pabrik, otomatis saya menganggur pak. Dan disela – sela kekosongan aktifitas itulah pak, saya mencoba berkarya,” kata Agus, Jum’at (14/09/2018).

Agus menyebut, jika karya seni nya itu merupakan pertama di dunia, lantaran menyatukan beberapa unsur seni di dalamnya. Seperti seni lukis, seni 3 dimensi, dan seni ukir.

“Jadi lukisan dinding 3 dimensi, ber tekhnik Pirografi ini, sudah saya geluti sejak 6 bulan lalu pak. Puji syukur bisa diminati masyarakat, dan mampu dijual di pasaran, baik lokal maupun luar daerah, Alhamdulillah kemarin sempat dapat pesanan dari Korea Selatan,” terangnya.

Lukisan 3 dimensi Sapi Brujul.

Untuk harga jual karya seni nya, Agus menjual dengan harga bervariasi, tergantung besar ukuran lukisan serta detail gambar di dalamnya.

“Kalo harga macam – macam pak, ada yang Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta per item,” tukasnya.

Sementara ragam rupa karya lukisan dinding Agus sendiri, menyasar pada kearifan lokal budaya di Indonesia. Seperti gambar suasana kampung nelayan, sapi Brujul di sawah, candi Borobudur, dan lainnya.

“Untuk pengerjaan satu karya seni lukisan dinding, biasanya bisa selesai dalam 7 hari pak. Tapi kalo cuman membuat aksesoris rumah, seperti nomor rumah, gantungan kunci, dan lainnya ya sekitar 4 atau 5 hari sudah selesai,” tandas Agus. (Zulkiflie)

Check Also

KEKERINGAN POLISI SUPLAI AIR BERSIH GUNAKAN ‘WATER CANON’

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Dampak kekeringan yang terjadi hingga saat ini, menjadi atensi serius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *