Jumat, 19 April 2024, 10:24
Home / NEWS / Pemberhentian Secara Hormat Arcandra Tahar

Pemberhentian Secara Hormat Arcandra Tahar

AT. Sumber foto/gambar:news.detik.com

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Seperti yang diketahui pada tanggal 27 Juli lalu, Presiden Joko Widodo secara resmi telah melantik sejumlah menteri baru. Salah satu jabatan prestius tersebut diberikan kepada Arcandra Tahar sebagai Menteri  Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Sudirman Said.

Namun, kabar mengejutkan muncul bahwa Presiden Jokowi memutuskan untuk memecat Arcandra dari jabatannya, yang baru ditempati selama 20 hari karena tersandung status kewarganegaraan.

Arcandra Tahar merupakan ayah dua anak, yang sudah malang melintang dalam industri hidrodinamika dan rekayasa lepas pantai. Pria kelahiran Padang 10 Oktober 1970 tersebut sudah 20 tahun tinggal dan berkarier di Amerika Serikat (AS). Sebelum menjabat sebagai Menteri ESDM ia dipercaya sebagai President Direktur Petroneering di Houston sejak Oktober 2013.

Jebolan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) itu saat ini, diterpa isu miring mengenai status kewarganegaraannya. Arcandra dikabarkan pernah menjadi warga negara AS dan memiliki paspor negara tersebut, sehingga akhirnya Presiden Joko Widodo memberhentikan Menteri ESDM Arcandra Tahar dan untuk sementara, kekosongan jabatan Kementerian ESDM akan dipimpin Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan