Sabtu, 26 Mei 2018, 15:15
Home / MOJOKERTO / WISATA RELIGI TROLOYO DI MOJOKERTO

WISATA RELIGI TROLOYO DI MOJOKERTO

Makam Troloyo Mojokerto. Sumber foto/gambar: Dwi Cahyono

WAGATABERITA.COM – MOJOKERTO. Makam Sayyid Jumadil Kubro yang terletak di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. kini menjadi obyek wisata Relegi yang lebih popular dengan nama Obyek Wisata Relegi Troloyo. Makam ini dipercaya oleh masyarakat sebagai makam nenek moyang Wali Songo atau Punjer Wali Songo.

Alif Maulana, peziarah asal Sidoarjo mengatakan, mereka yang datang ke tempat tersebut selain mengingat keniscayaan akan kematian dan mengingat Tuhan, juga mereka percaya bahwa dengan berziarah di makam tersebut akan memberikan berkah.

Makam tersebut tidak hanya memikat pengunjung dari Indonesia. Ada juga turis dari Mancanegara. “Bahkan mantan Presiden Indonesia, Almarhum Abdurrahman Wahid atau biasa disebut Gusdur juga pernah mengunjungi tempat tersebut.” Kata Joko petugas penjaga makam.

Lokasi tersebut tidak pernah sepi dari peziarah setiap harinya, apalagi pada hari Kamis malam, Sabtu malam, Minggu pagi dan puncaknya dalam penanggalan jawa disebut Kamis malam Jum’at Legi akan lebih ramai. Peziarah biasanya datang bersama rombongan menggunakan bus atau mobil, akan tetapi banyak juga yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Keberadaan Wisata Religi Troloyo tidak hanya membawa berkah bagi peziarah, banyaknya peziarah yang seakan tidak pernah sepi, menjadi berkah bagi warga sekitar dengan membuka berbagai usaha, seperti jasa penitipan sepeda motor, menjual makanan dan minuman, ada juga yang menjual souvenir sebagai buah tangan.” kata Ibu Sul, pedagang makanan di sana. (Dwi Cahyono).

Check Also

KEBIJAKKAN LEGISLATIF DAN EKSEKUTIF BUAT KEPENTINGAN RAKYAT MERUPAKAN PAHALA BAGI PELAKUNYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Buka Puasa bersama antar instansi pemrov Jatim kembali di adakan, sekali ini acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *