Selasa, 14 Agustus 2018, 20:18
Home / BONDOWOSO / TEMBUS 120 RIBU PERKILO, PEDAGANG CABAI OPLOS CABAI MERAH, PUTIH DAN HIJAU
Pedagang Cabai Mengaplos Cabai Merah, Putih Dan Hijau. Sumber Foto : Zulkiflie

TEMBUS 120 RIBU PERKILO, PEDAGANG CABAI OPLOS CABAI MERAH, PUTIH DAN HIJAU

WAGATABERITA.COM – BONDOWOSO. Sejak sepekan terakhir harga cabai rawit di pasar induk  Bondowoso Jawa Timur, mengalami kenaikan harga.

Pemantauan wagataberita.com Jum’at (10/02/2017), harga cabai yang dijual dipasaran menembus angka Rp 120 ribu per kilogram, untuk cabai rawit merah segar. Sedangkan untuk cabai rawit putih dan hijau, pedagang menjualnya dengan harga Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu perkilogram.

“Kalo terus – terusan mahal begini, ya pelanggan bisa kabur. Ya sementara ini saya siasati dengan mengoplos cabai merah dan cabai hijau, menjadi cabai campur, dengan harga lebih murah yaitu, Rp 100 ribu perkilogramnya,” terang Nur Hasan, Pedagang cabai.

Sejak naiknya harga cabai rawit segar di pasaran, cabai kering dengan ukuran lebih besar dari cabai lokal, mulai banyak yang masuk ke pasar induk Bondowoso.

Namun demikian, meski harganya lebih murah dari cabai segar, dan lebih tahan lama karena tidak bisa busuk. Cabai kering tidak terlalu diminati konsumen, karena rasanya yang kurang pedas. Untuk harga sendiri lebih murah, yakni senilai Rp 50 ribu perkilogram.

Meroketnya harga cabai rawit itu, diikuti juga minimnya ketersediaan cabai di pasaran. Penyebabnya, tingginya intesitas hujan yang turun di wilayah Bondowoso, membuat banyak lahan pertanian cabai setempat gagal panen, karena banyak yang busuk. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

DEWAN MEMINTA FUNGSI PASAR RAKYAT DIJALANKAN SEBAIK MUNGKIN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Komisi II yang membidangi anggaran dan ekonomi,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *