Senin, 23 Juli 2018, 14:45
Home / NEWS / KURA – KURA HIJAU BERUKURAN JUMBO, TERDAMPAR DI PERAIRAN LAUT PROBOLINGGO
Kondisi Perairan Laut Utara Probolinggo, Rabu (02/08), Sumber Foto : Zulkiflie

KURA – KURA HIJAU BERUKURAN JUMBO, TERDAMPAR DI PERAIRAN LAUT PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Diduga akibat terbawa derasnya gelombang arus laut utara Probolinggo Jawa Timur, seekor kura – kura hijau berukuran Jumbo, terdampar di sebuah tambak di pesisir pantai, Desa Pesisir Kecamatan Gending, Rabu (15/02/2017).

Kura – kura hijau itu, terdampar sejauh 1 Mil dari tengah lautan. Besarnya ukuran kura – kura hijau yang mencapai 1,5 meter, dengan berat 100 Kilogram itu, sontak mengundang perhatian warga sekitar yang penasaran ingin melihatnya.

“Ya dimungkinkan, kura – kura hijau terdampar karena pengaruh cuaca buruk dilautan yang terjadi saat ini. sebelum masuk tambak, kura – kura hijau itu sempat terjebak bagan nelayan. Hingga akhirnya diselamatkan,” ungkap Sanemo, Kepala Desa Pesisir.

Guna menyelamatkan biota laut langka dilindungi itu, warga beserta petugas gabungan dari polsek dan Dinas Perikanan Probolinggo, lantas mengembalikannya lagi ke tengah lautan.

Pelepasan dilakukan, agar Kura – kura Hijau tidak mati dan terselamatkan. Menurut petugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (PSDKP), penyu hijau tergolong memiliki masa reproduksi yang cukup lama, yakni setiap 10 tahun sekali. Sehingga, masuk dalam kategori hewan dilindungi undang – undang.

“Saat diketemukan kondisi tubuhnya ada sedikit luka pada bagian siripnya. sepertinya karena terbentur karang atau benda keras lainnya, namun secara menyeluruh kesehatannya lumayan baik, karena masih lincah bergerak,” terang Muhammad Andi Wijaya, petugas PSDKP. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

RUMAH MEWAH MILIK PENGUSAHA GAHARU KEBAKARAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Rumah mewah pengusaha kayu Gaharu, berlokasi di jalan Layang Seto,