Sabtu, 20 Januari 2018, 20:18
Home / NEWS / PEMPROV JATIM SIAPKAN DANA APBD SEBESAR RP 600 MILIAR UNTUK UMKM

PEMPROV JATIM SIAPKAN DANA APBD SEBESAR RP 600 MILIAR UNTUK UMKM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 600 miliar untuk memberikan pinjaman permodalan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun ini.

Itu dikemukakan Sekda Jatim Dr H Akhmad Sukardi MM pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) Jumat (17/02/2017) bertempat di Hotel Mercure.

Kata Ahmad Sukari, pinjaman tersebut disalurkan melalui Bank Jatim, dengan bunga cukup kecil hanya sebesar 2 persen. Namun, bagi Bank Jatim menyalurkan kepada UMKM berkisar 6 – 9 persen saja. ‘’Bunga pinjaman ini, jauh lebih kecil dibanding bunga pinjaman bank konvensional yang ada di Jawa Timur, ‘’ tandas Akhmad Sukardi.

Upaya menyisihkan sebagaian APBD untuk pinjaman lunak itu, dilakukan karena UMKM selama ini kesulitan mengakses permodalan melalui perbankan konvensional. Itu sebabnya, kata Ahmad Sukari, Gubernur Jatim Soekarwo melakukan kebijakan tersebut. Tujuannya semata – mata hanya untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan UMKM yang ada di Jawa Timur.

Langkah itu telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun 2016, Pemprov Jatim menyediakan sebesar Rp 400 miliar untuk pinjaman lunak kepada UMKM. Namun tahun ini, naik menjadi Rp 600 miliar, katanya.

UMKM yang mengakses pinjaman permodalan melalui Bank Jatim itu, juga mendapat penjaminan dari Jamkrindo. Itu sebabnya, setelah ada asosiasi lembaga penjamin, kata Akhmad Sukardi, kedepan diharapkan Asippindo lebih berkontribusi lagi terhadap penjaminan UMKM.

Meski begitu, dia berharap agar PT Jamkrindo, juga memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada PT Jamkrida di masing – masing daerah seperti Jatim, Bali dan Jogyakarta serta daerah lain di Indonesia yang telah memiliki Jamkrida.

Hadir pada Rakernas Asippindo itu diantanya, Ketua Asippindo Nanang Waskito, Pembina Subandrio dan sejumlah pengurus Asippindo di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Nanang Waskito mengatakan saat ini Asippindo memiliki  anggota asosiasi sebanyak 22. Itu terdiri dari 4 anggota swasta dan 18 Jamkrida yang terdiri dari BUMN dan BUMD.

Rakernas yang berlangsung selama dua hari itu akan membahas beberapa hal diantaranya, transfer teknologi dengan segera membentuk konsorsium serta membicarakan penjaminan Syariah yang saat ini belum ada. (Haludin Ma’waledha/Dir)

Check Also

TIGA DUSUN DI PROBOLINGGO DITERJANG ANGIN PUTING BELIUNG

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Tiga dusun di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,