Senin, 18 Juni 2018, 4:40
Home / EKONOMI / HARGA CABAI RAWIT MERAH MELONJAK, KONSUMEN PILIH CABAI HIJAU

HARGA CABAI RAWIT MERAH MELONJAK, KONSUMEN PILIH CABAI HIJAU

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Harga cabai di daerah – daerah melonjak naik. Itu terlihat di sejumlah pasar tradisional di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Harga cabai rawit merah di Pasuruan mencapai Rp150 ribu perkilogram.

Untuk mensiasati kebutuhan cabai rawit merah, konsumen beralih membeli cabai hijau dan kering karena harganya relatif terjangkau dan juga rasanya tak kalah pedas dengan cabai rawit merah.

Mahalnya, cabai rawit merah di Kota Pasuruan karena pasokan dari petani berkurang, akibat cuaca ekstrem sehingga membuat para petani cabai rawit merah di Pasuruan tidak menanam cabai.

Hingga kini pedagang masih kesulitan untuk menjual jenis cabai rawit merah. Sudah hampir dua bulan terakhir, harga cabai masih mahal dan terus naik setiap hari.

Sementara harga cabai hijau hanya Rp 50 ribu perkilogram. ”Kami memilih cabai ijo karena lebih murah,‘’ ujar para pembeli, kepada wagataberita.com Sabtu (25/02/2017).

‘’Selain harganya lebih murah rasanya pun tak jauh beda dengan cabai rawit merah,‘’ ujar Salamah, salah satu pembeli cabai hijau.

Kurangnya peminat cabai rawit merah itu, membuat para pedangan cabai di pasar tradisional Pasuruan ikut beralih ke cabai hijau. ‘’Apalagi pasokan cabai rawit merah dari petani kini berkurang, sekarang banyak pembeli yang beralih ke cabai Ijo,” ujar Hanif, pedagang di pasar tradisional Pasuruan. (Agus Susanto/Halu)

Check Also

PERKUAT SOLIDITAS DAN KEAKRABAN IWO KARIMUN DAN TUBA GELAR BUKA PUASA

WAGATABERITA.COM – KARIMUN. Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karimun