Senin, 21 Mei 2018, 6:26
Home / NEWS / WARGA DESA DI PASURUAN TUTUP JALAN TRUK TAMBANG
Dump Truk Yang Diduga Mengakibatkan Kerusakan Jalan Dicegah Warga Sehingga Tak dapat Melitas. Sumber Foto : Agus Susanto

WARGA DESA DI PASURUAN TUTUP JALAN TRUK TAMBANG

WAGATABERITA.COM – PASURUAN. Ratusan warga Desa Lebakrejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, menutup jalan yang dilalui Dump Truk pengangkut batu dan sirtu dari lima penambang Sabtu (18/03/2017).

Aksi tersebut di lakukan karena jalan rusak berat akibat dump truk yang melintas melebihi tonase, warga juga menuntut agar jalan itu segera di perbaiki, jika tidak, warga akan tetap menghalangi kendaraan tambang yang melintas.

Aksi penutupan jalan itu mebuat marah para sopir karena dump truk yang sudah memuat batu dan sirtu tidak bisa melintas di jalan tersebut. Hingga nyaris bentrok dengan warga.

Beruntung beberapa tokoh masyarakat berhasil melerainya. Selanjutnya diajak untuk berdialog, bersama para sopir, warga serta perwakilan tambang. Dialog di pimpin oleh Abdul Karim, tokoh warga setempat di sebuah gubuk di pinggir jalan.

Dalam pertemuan itu, di sepakati kalau jalan dari tambang menuju pertigaan pasar Winongan di tutup sejak detik itu. Akan di buka kembali setelah ada perbaikan dari pihak tambang dan pemerintah.

“Namun selama jalan masih belum di perbaiki para sopir dump truk diminta untuk tidak melewatinya. Kalaupun tidak di perbaiki kemungkinan saja tambang – tambang akan segera di tutup di atas,” terang Supri warga setempat.

Tak hanya itu, Abdul Karim dan Gus Birkih serta warga lainya meminta supaya jalan segera di perbaiki dan mendesak kepada penambang dan para sopir supaya tonase angkutannya di batasi sesuai kelas jalan.

Jika tidak warga akan mencegat dump truk yang berkelebihan muatan. Tak hanya itu dump truk yang ada tambahan kayu di bak truknya diminta supaya di lepas. Karena bak yang di tambahi kayu itu yang membuat tonase melebihi kelas jalan,” ujar Gus Birkih.

Sementara itu, para sopir meminta supaya dump truk yang sudah di isikan pasir muatannya segera di turunkan dulu dan membuka jalan yang di lintasinya, karena dump truk sudah terlanjur mengangkutnya.

Terkait kerusakan jalan, ia serahkan kepada pimilik tambang. (Agus Susanto/ Dir)

Check Also

ANTISIPASI TEROR ‘POS LANTAS’ PROBOLINGGO PASANG JARING, TUMPUKAN KARUNG PASIR

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Satuan lalu lintas Polresta Probolinggo, langsung mengambil langkah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *