Senin, 20 Agustus 2018, 6:20
Home / KENDARI / PERANCIS AKAN BANTU PEMBANGUNAN AKUARIUM RAKSASA DI TELUK KENDARI
Teluk Kendari. Sumber Foto : Google

PERANCIS AKAN BANTU PEMBANGUNAN AKUARIUM RAKSASA DI TELUK KENDARI

WAGATABERITA.COM – KENDARI. Perancis melalui Pemerintah Kota La Rochelle siap membantu Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk membangun akuarium raksasa di kawasan Teluk Kendari.

Walikota La Rochelle, Jean Francous Fountaine, saat melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkot Kendari, di Kendari, Kamis mengaku, pihaknya memiliki pengusaha yang berpengalaman dan sudah berhasil membangun sekitar 70 akuarium raksasa di Eropa termasuk di Kota La Rochelle yang siap membantu pembangunan akuarium raksasa di Kendari.

“Akuarium raksasa merupakan objek wisata utama di La Rochelle bisa menyerap wisatawan dalam jumlah besar karena ingin menyaksikan kekayaan biota laut yang ada di akuarium tersebut,” kata Jean dalam bahasa Perancis sebagaimana yang diterjemahkan salah seorang penerjemah.

La Rochelle kata Jean, berkomitmen akan memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan keinginan Pemkot Kendari membangun akuarium raksasa yang merupakan buatan Perancis pertama dan terbesar di Indonesia.

“Kami tidak hanya sekadar membantu membangun, tetapi juga dalam pengelolannya karena akuarium ini butuh pemeliharaan ekstra sehingga tenaga ahli kami akan tinggal beberapa tahun membina pengelola setempat hingga mampu mandiri baru ditinggalkan,” katanya.

Walikota kendari, Asrun mengapresiasi dukungan pemerintah La Rochelle yang ingin membantu mewujudkan keinginan Pemkot Kendari membangun akuarium raksasa yang akan menjadi ikon Kota Kendari.

“Akuarium raksasa nantinya kami inginkan desainya memadukan antara hiburan dan edukasi. Karena Kendari berada dihadapan Laut Banda sehingga akuarium raksasa tersebut nantinya akan menggambarkan keanekaragaman ekosistem dan ekologi Laut Banda dan Wakatobi,” katanya.

Akuarium itu kata Asrun, disiapkan bagi mereka yang mencintai olahraga diving dan menikmati keindahan bawah laut.

“Nanti akan buat supaya turis atau orang – orang lokal kita tak harus ke Wakatobi atau tempat lain untuk berenang, di Kendari juga bisa,” katanya.

Menurut Asrun, keinginan La Rochelle membantu pembangunan akuarium raksasa tersebut, sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama kemaritiman antara Kendari dan Kota La Rochelle yang telah ditanda tangani di Jakarta dan disaksikan oleh Presiden Perancis. (*/Dir)

Check Also

BUKA PUASA BERSAMA PAKDE DAN BUDE KARWO HADIRI TEMU KANGEN PAGUMA SURABAYA DI BULAN RAMADHAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kegiatan temu kangen yang dilakukan Gubernur Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *