Sabtu, 22 September 2018, 6:21
Home / NEWS / MENJAGA KELESTARIAN RAWA, KODIM O820 DAN PEMKAB PROBOLINGGO ADAKAN LOMBA MANCING
Suasana Lomba Memancing. Sumber Foto : Zulkiflie

MENJAGA KELESTARIAN RAWA, KODIM O820 DAN PEMKAB PROBOLINGGO ADAKAN LOMBA MANCING

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Ratusan pemancing mania dadakan, bersaing dalam lomba memancing yang di gelar di Rawa Tirta Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Minggu (09/04/2017).

Sebanyak 8 Kwintal berbagai jenis ikan, sengaja ditebar dalam lomba yang berlangsung sejak pagi hingga sore tersebut. Jenis ikannya diantaranya ikan Lele, Tombro, Nila, Patim, dan Ikan Gabus.

Banyaknya ikan yang berada dalam Rawa, sontak menjadi buruan para pemancing dadakan yang berasal dari warga sekitar itu. Tak hanya ikan yang menjadi daya tarik, adanya hadiah hiburan bagi pemenang lomba yakni berupa sebuah sepeda motor, memaksa para pemancing untuk berusaha merebutkan hadiah itu.

“Setiap harinya saya kerja di sawah, berhubung ada lomba mancing dengan hadiah motor, saya ya mendadak ikutan jadi pemancing juga,” ungkap Budi, peserta lomba.

Lomba memancing, diadakan oleh pemerintah kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Kodim 0820 Probolinggo, Guna meningkatkan kesadaran masyarakat, agar menjaga kebersihan Rawa sekaligus mampu memanfaatkannya.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Hendhi Yustian Danang Suta menyampaikan, lomba memancing merupakan cara efektif menyadarkan masyarakat untuk menjaga Rawa. Pasalnya, dengan memancing masyarakat bisa mengerti jika kondisi Rawa bersih dan menjadi rumah ikan, dipastikan bisa menjadi salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat.

“Kami ingin masyarakat itu betul – betul memanfaatkan rawa ini untuk kepentingan ekonomi kreatif. Baik sebagai budidaya ikan air tawar, maupun memanfaatkan enceng gondoknya sebagai kerajinan yang mempunyai nilai tambah” terang Hendhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi mengatakan guna kepentingan lebih lanjut, selain ikan yang sudah ditebar untuk lomba pancing, pihaknya juga menebar bibit ikan nila sebanyak 10 ribu ekor.

Harapannya, ikan – ikan itu dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Selain itu, Diskanla juga akan memberikan bimbingan teknis budidaya ikan keramba, pengolahan ikan, pembuatan pakan ikan berbahan enceng gondok, maupun aneka kerajinan dari enceng gondok. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

LAGI, PAKDE KARWO TERIMA PENGHARGAAN LAYANAN PUBLIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dibawah kepemimpinan Gubernur, Dr. H. Soekarwo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *