Senin, 23 Juli 2018, 14:39
Home / EKONOMI / BATIK BORDIR JATIM SUDAH MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL
Ketua I Bidang Promosi Persadir Jawa Timur Siska Sumartono Saat Memperlihatkan Karya Bordir Jatim Di Lokasi Pameran Batik Bordir Dan Aksesoris. Sumber Foto : Haludin Ma'waledha

BATIK BORDIR JATIM SUDAH MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pameran batik bordir dan aksesoris merupakan kesempatan emas untuk memperkenalkan hasil karya atau produk bagi pelaku usaha UMKM terutama yang begerak pada usaha perdagangan batik. Apalagi batik bordir Jatim ini sudah menembus pasar internasional.

Itu dikemukakan Ketua I Persadir Jawa Timur Bidang Promosi, Siska Sumartono kepada wagataberita.com disela – sela pameran batik bordir dan aksesoris di Grand City Mall Surabaya.

Pantauan wagataberita.com di lokasi Pameran di Grand City Mall Surabaya, Jumat (12/05/2017), terlihat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggeluti bisnis batik, antusias memamerkan batik bordir dan akseksoris andalan mereka pada pameran tersebuat.

Kata Siska Sumartono, pihak Persadir berkewajiban mempromosikan batik bordir Jawa Timur. Itu sebabnya dia berharap pameran kali ini tidak hanya dikunjungi bayer di Jawa Timur, tapi juga para bayer dari provinsi lain di Indonesia. Apa lagi batik bordir Jatim sudah menembus pasar luar negeri seperti Jepang, Kanada dan Timur Tengah.

“Selama ini kalau orang bicara bordir yang mereka kenal Bukit Tinggi dan Tasik Malaya, padahal Jawa Timur memiliki cukup banyak sentra – sentra batik bordir. Sebanyak 38 kabupaten/ kota di Jatim, miliki sentra batik bordir,” ujar Siska Sumartono.

Pameran ini sangat membantu bagi pengusaha atau pedagang batik bordir dan aksesoris untuk memasarkan produk. “Ini yang ke 12 kalinya diadakan dan sangat tepat untuk mempromosikan produk batik bordir,” kata Siska.

Dia menambahkan pengrajin batik bordir maupun aksesoris diharapkan dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Sebab tanpa itu bukan tidak mungkin akan tergusur oleh produk – produk dari luar, katanya.

Pameran batik ke 12 berlangsung 10 – 14 Mei 2017 dan diikuti 18 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan jumlah perserta sebanyak 219, meningkat dibanding tahun lalu hanya sebanyak 209 peserta.

Pada kegiatan pameran batik bordir dan aksesoris, juga digelar berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang cukup diminati kaum ibu adalah Kartini – Kartiniku. Pada iven ini menampilkan pembicara desainer terkemuka di tanah air yakni Anne Avantie yang dipandu langsung Siska Sumartono. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

VIDEO KEGIATAN DISKUSI ANAK SELURUH INDONESIA PERINGATI HARI ANAK NASIONAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Hari Anak Nasional, di peringati dengan mengadakan diskusi anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *