Senin, 18 Juni 2018, 6:49
Home / EKONOMI / UMKM MAMPU MENYERAP 90 PERSEN TENAGA KERJA
Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf Saat Berbicara Di Acara Seminar Survival Strategy For Food And Beverage Bussiness Selasa (16/05/2017) Di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Sumber Foto : Riski Utomo Putri

UMKM MAMPU MENYERAP 90 PERSEN TENAGA KERJA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu menyerap hingga 90% tenaga kerja Indonesia. Untuk itu perlu perhatian khusus pemerintah demi meningkatkan kelas bisnis kuliner UMKM. “Kita sudah berusaha memberikan stimulus untuk pengembangan UMKM ini,” tandas Dewan Pembina AKPRINDO Jawa Timur Syaifullah Yusuf, saat ditemui di sela – sela acara seminar Survival Strategy for Food and Beverage Bussiness Selasa (16/05/2017) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Wakil Gubernur Jatim itu menambahkan, potensi bisnis kuliner di Indonesia cukup bagus dan dirinya menyadari bahwa sebagian besar bisnis kuliner, juga dijalankan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk memulai bisnis di bidang kuliner. Ini dikarenakan pangsa pasarnya cukup besar dan bahan bakunya mudah diperoleh.

Di Jawa Timur, pertumbuhan bisnis kuliner cukup pesat mencapai hingga 15 – 25%. Hanya saja pemerintah belum memiliki strategi untuk melakukan ekspansi dibidang kuliner hingga ke mancanegara. “Kita masih terpacu untuk mendatangkan penikmat kuliner,” ungkapnya.

Untuk itu diperlukan strategi terbaru dalam mengambangkan bisnis kuliner. “Ada tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu transparansi, inovasi dan kreativitas, serta packaging atau kemasan yang menarik,” ulasnya.

Transparansi yang dimaksudkan, bukan hanya dibidang managemen, melainkan juga dalam proses produksi. Dalam proses tersebut konsumen ingin mengetahui higienitas dan kualitas produk. Sementara itu inovasi dan kreativitas, dibutuhkan pengusaha untuk menciptakan produk makanan yang istimewa dan berbeda. Sedangkan packaging atau kemasan, berperan penting untuk mendongkrak kuantitas penjualan serta nilai jualnya. (Riski Utomo Putri/Halu)

Check Also

GEMPA DI SUMENEP, PEMPROV JATIM LANGSUNG KIRIM BANTUAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 SR terjadi di wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *