Selasa, 19 Juni 2018, 2:03
Home / PROBOLINGGO / PENGANUT ABOGE PROBOLINGGO MULAI PUASA MINGGU BESOK
Tokoh Islam Aboge Probolinggo. Sumber Foto : Zulkiflie

PENGANUT ABOGE PROBOLINGGO MULAI PUASA MINGGU BESOK

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Meski pemerintah telah menetapkan awal Ramadan jatuh pada hari ini, Sabtu (27/05/2017), namun sekelompok warga penganut islam Aboge di Probolinggo Jawa Timur, belum melakukan puasa Ramadan. Mereka memiliki hitungan kalender sendiri, dalam menentukan awal Ramadhan, yakni dikenal dengan sebutan Aboge (ahad pahing rabo wage).

Penganut Aboge berada di dusun Krajan, desa Leces kecamatan Leces, Probolinggo. Sesuai tahun Jawa, yang menjadi pedoman penganut Aboge, tahun 1 Suro ini atau Muharam bertepatan dengan tahun Zasahing (za’ selasa pahing). Paton itu, digunakan untuk menentukan perhitungan lain, seperti awal puasa Idul Fitri, dan Idul Adha.

Dalam menentukan 1 Ramadhan, Aboge menggunakan rumus Don – Nem – Ro (romadon – enem – loro). Yakni Romadon – Enem (hari) – Loro (pasaran), yang dihitung dari Selasa Pahing. Sehingga 1 Ramadhan tahun 2017, jatuh pada Minggu Pon 28 Mei besok. Dan nanti malam, yang jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei, warga Aboge mulai shalat Tarawih.

“Nanti, hitungannya donemro, dulu selasa pahing, hitungannya donemro, pasarannya dua dan enam, berarti puasanya minggu, ya mulai besok, nanti malam nampah taraweh,” kata Kyai Buri Mariyah, Tokoh penganut Aboge.

Meskipun terdapat perbedaan dalam pelaksanaan puasa, namun warga muslim penganut Aboge, dan warga setempat yang berbeda ajaran, tetap hidup rukun berdampingan. Mereka beraktifitas seperti biasa, tanpa adanya konflik.

Penganut Aboge, Sumila menyampaikan, Aboge sudah ada sejak nenek moyangnya, dan berlangsung turun temurun. Di Probolinggo sendiri, Penganut Aboge jumlahnya mencapai seribuan orang. Selain di kecamatan Leces, penganut Aboge, tersebar di 3 kecamatan lainnya yakni, Dringu, Tegalsiwalan, Bantaran dan Kuripan. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

BAWA “PIL TREX” SAAT TERJARING OPS CIPTA KONDISI, PEMUDA INI BILANG OBAT GATAL

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. DM Seorang pemuda yang diperkirakan masih berusia belasan tahun, asal Kota Probolinggo,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *