Jumat, 20 April 2018, 13:33
Home / NEWS / KAMPUNGE SUROBOYO, PROGRAM WALIKOTA UNTUK DUKUNG SURABAYA SEBAGAI KOTA LAYAK ANAK
Salah Satu Syarat Kota Layak Anak Adalah Memiliki Sarana Bermain Khusus Untuk Anak. Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

KAMPUNGE SUROBOYO, PROGRAM WALIKOTA UNTUK DUKUNG SURABAYA SEBAGAI KOTA LAYAK ANAK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kota Surabaya tengah dinilai oleh Tim Juri Nasional sebagai Kota Layak Anak (KLA) pada Sabtu (03/06/2017). KLA merupakan bagian dari program pemerintah yang didasarkan pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No 11 Tahun 2011, tentang Kebijakan Pengembangan Kota/Kabupaten Layak Anak.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam pemaparannya pada Tim Juri Nasional menjelaskan berbagai upaya yang ditempuh dalam membangun kota layak anak. “Rasanya kalau untuk anak tak kasihkan semua deh Bu,” kata Risma di ruang sidang Walikota Surabaya.

Risma menyatakan salah satu program unggulannya dalam mendukung program KLA adalah melalui program Kampung Pendidikan, Kampunge Suroboyo. Dalam program tersebut, sebuah kampung memiliki aturan agar anak – anak dipantau untuk belajar mulai pukul 19 : 00 – 21 : 00 WIB. Masing – masing kampung memiliki pemantau yang terdiri dari Pengurus RT, RW, hingga ibu – ibu di kampung tersebut.

“Kegiatan anak – anak di malam hari akan dimonitoring oleh RT, RW, atau ibu – ibu,” ujar Risma.

Program tersebut mendukung sebuah kampung untuk bersama – sama menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk belajar anak. Pada kampung itu juga tersedia fasilitas dan sarana pendukung kegiatan belajar seperti perpustakaan, hingga kegiatan melatih bakat anak.

“Kita punya lebih dari 1400 perpustakaan di kampung – kampung, di balai – balai atau kecamatan itu juga biasanya kita panggilkan guru tari, guru silat dan sebagainya untuk melatih bakat anak – anak. Selain itu anak – anak juga kita kenalkan dengan permainan tradisional untuk melatih fisik dan mengenalkan budayanya,” cerita Risma. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

PERKAWINAN ANAK DIBAWAH UMUR DAPAT DIKATEGORIKAN PELANGGARAN PIDANA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Dispensasi pencatatan perkawinan di Lembaga perkawinan KUA, Pengadilan Agama Bantaeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *