Rabu, 26 September 2018, 19:42
Home / EKONOMI / BISNIS / SENTRA SEPATU DOLLY RAMAI ORDER TAPI MINIM PEGAWAI

SENTRA SEPATU DOLLY RAMAI ORDER TAPI MINIM PEGAWAI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Sejak ditutup pada 2014 lalu, wajah baru eks – lokalisasi Dolly terus dirubah. Salah satu upaya Pemkot Surabaya untuk merubahnya adalah dengan memberdayakan masyarakat setempat, dan mendirikan beberapa sentra usaha.

Ada beberapa sentra usaha seperti Samijali, Minuman dari rumput laut, hingga sentra usaha sepatu yang dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) ‘Mampu Jaya’.

Atik Triningsih, Ketua KMB Mampu Jaya mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, KUB Mampu Jaya mulai kebanjiran pesanan. Beberapa pesanan seperti sepatu kulit, sepatu kanvas, hingga sandal hotel datang baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Untuk tahun ini saja, KUB Mampu Jaya menerima pesanan dari lima hotel di Indonesia.

“Setiap hotel minimal order 2000 pasang dengan harga Rp.1500 per pasangnya. Sekarang sudah ada lima hotel yang rutin kerjasama,” kata Atik.

Dalam satu kali transaksi, perputaran uang yang mereka dapatkan mampu mencapai angka Rp 30 juta. Namun banyaknya pesanan itu tidak diimbangi dengan jumlah pekerja. Atik menambahkan jika pengerjaan pesanan selama ini hanya dilakukan oleh beberapa orang saja.

“Yang ngerjakan ya begini ini. Seadanya saja. Kadang cuma beberapa orang saja malahan,” ceritanya.

Tidak hanya kuwalahan menghadapi pesanan dengan terbatasnya jumlah pekerja, Atik juga mengatakan kendala lain adalah keterbatasan bahan baku. Hal itu terjadi usai momen lebaran lalu.

Saat itu para pemasok bahan baku tidak kunjung mengirimkan bahan pembuatan sandal. Sementara itu, pesanan terus saja berdatangan. Menghadapi hal itu, Atik dan kawan – kawan mengakalinya dengan penggunaan bahan lain yang masih tersisa.

“Habis lebaran kemarin masih belum ada yang masok bahan, akhirnya kita bikin pakai bahan sisa lain. Dan dikerjakan sama beberapa orang saja,” tambahnya. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

LANTIK BUPATI DAN WALIKOTA PAKDE KARWO MINTA BERPEDOMAN PADA VISI MISI PRESIDEN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo melakukan Pengangkatan Sumpah Jabatan dan Pelantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *