Rabu, 22 Agustus 2018, 6:09
Home / HOTNEWS / BEA CUKAI JUANDA GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU 1, 9 KILOGRAM

BEA CUKAI JUANDA GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU 1, 9 KILOGRAM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Bea Cukai Juanda Surabaya, BNN Provinsi Jawa Timur, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda, dan Pengamanan Bandara berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu.”Penggagalan tiga upaya penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine (sabu) itu melalui Terminal 2 Kedatangan Internasional Bandara Juanda,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I Decy Arifinsjah, dalam keterangan persnya, di Sidoarjo, Selasa (29/08/2017).

Kasus berupa penyelundupan 1.940 gram sabu yang dilakukan seorang warga negara Indonesia (WNI) berinisial MS. Tersangka merupakan penumpang pesawat Air Asia XT – 383 rute Johor Baru (JHB) – Surabaya (SUB) mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada hari Selasa, 29 Agustus 2017 pukul 12 : 00 WIB.

Modusnya dengan menyembunyikan sabu tersebut di dalam tas berwarna hitam. Decy melanjutkan, Petugas Customd Team melakukan pemeriksaan terhadap tas dan Body Taping serta wawancara singkat terhafap MS, yang didasari atas kecurigaan petugas atas image X – Ray terhadap barang yang dibawa, tegas Decy.

Setelah melalui pemeriksaan mendalam lanjut dia, petugas mendapatkan 2 bungkusan yang berisi bubuk kristal putih dengan berat 1.940 gram jenis sabu (Methamphetamin), ungkapnya.

Terhadap tersangka akan dikenakan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp 10 miliar sesuai pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang – undang No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, yaitu dalam hal barang bukti beratnya melebihi 5 gram pelaku dipidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp 10 miliar ditambah 1/3.

Sedangkan di Undang – undang Kepabeanan No.17 tahun 2006 tentang Kepabeanan Pasal 102 bahwa setiap orang yang melakukan penyelundupan barang import dipidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 10 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

“Saat ini tersangka dan barang bukti telah diserahkan ke BNN Provinsi Jawa Timur untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Penggagalan upaya penyelundupan shabu ini merupakan kerja sama yang baik dan terintegrasi antara Bea Cukai, BNN Provinsi Jawa Timur, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda, dan Pengamanan Bandara,” tandas Decy. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

KONDISI PASAR BAGUS PAKDE KARWO MINTA BANK JATIM SEGERA BERBENAH DAN MEMILIKI VISI YANG HEBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Jalan Sehat dalam rangka memperingati Dirgahayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *