Senin, 18 Juni 2018, 6:39
Home / EDUKASI / UNESA GELAR KONFERENSI INTERNASIONAL PERTAMA TENTANG EKONOMI RUMAH TANGGA
Guru Besar Pendidikan Ilmu Kesejahteraan Keluarga UNESA Prof.Dr.Hj. Luthfiyah Nurlaela M.Pd Saat Memberikan Keterangan Pers Di Hotel Whyndam Surabaya, Rabu (13/09/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

UNESA GELAR KONFERENSI INTERNASIONAL PERTAMA TENTANG EKONOMI RUMAH TANGGA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Konferensi internasional pertama yang diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi Rumah Tangga (dikenal dengan PKK, Pendidikan Kesejahreraan Keluarga) Unesa. Pada tahun – tahun sebelumnya, PK menyelenggarakan seminar nasional Bosaris (Boga, Busana dan Rias, Makanan, Fashion Design, dan Cosmetology) setiap tahunnya, yang diselenggarakan di Hotel Whyndam Surabaya, Rabu (13/09/2107).

Prof.Dr.Hj. Luthfiyah Nurlaela M.Pd Guru Besar Pendidikan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Surabaya menyampaikan bahwa dengan pengalaman mengorganisir seminar nasional, masih ada kesenjangan dalam Millennium Development Goals (MDGs) Ketimpangan ekonomi bertahan antara keluarga termiskin dan terkaya, dan daerah pedesaan dan perkotaan. Anak – anak dari 20 persen rumah tangga termiskin dua kali lebih mungkin mengalami pertumbuhan kerdil, dibandingkan dengan anak – anak dari 20 persen rumah tangga terkaya, dan
datang dari berbagai universitas, dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Dalam upaya mengurangi kesenjangan dan meminimalkan dampak dari permasalahan tersebut di atas, maka perlu memainkan peran rumah tangga sebagai yang terkecil. unit masyarakat peran aktif rumah tangga dapat diwujudkan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, termasuk makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan dan sekurit, dan akses terhadap pendidikan. Ekonomi rumah adalah cabang sains yang menggerakkan pencapaian kesejahteraan manusia yang meliputi bidang pengembangan, bimbingan anak, pendidikan konsumen, makanan dan gizi, kesehatan individu dan keluarga.

Berdasarkan latar belakang ini, konferensi tersebut diselenggarakan sebagai pertemanan komunitas ekonomi rumah tangga untuk memberikan kontribusi nyata bagi percepatan pencapaian sasaran. Keterlibatan akademisi, praktisi, pemerhati pendidikan, dan birokrat, serta penelitian cerdas dan penemuan cerdas di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan cultura.

Keterlibatan ini sangat penting, mengingat salah satu misi ekonomi rumah tangga adalah mewujudkan kesejahteraan individu, keluarga, dan masyarakat. Konferensi tersebut mencakup empat sub tema, yaitu Pendidikan Mutu, Konsumsi dan roduksi yang bertanggung jawab, terangnya kepada wartawan saat memberikan keterangan pers di Hotel Whydan Surabaya, Rabu (13/09/2017).

Turut hadir dalam konferensi Internasional ini mereka adalah Prof. Donna Pendergast (universitas Grinth, Australia), Oenardi Lawanto, Ph.D (Universitas Negeri Utah, USAi, B) Dr. Toto sudargo, M.Kes (Universitas Gajah Mada) dan Dr. Titik Taufikurahmah, Msi (Universitas Negeri surabaya) Konferensi ini telah mengumpulkan sekitar 200 peserta, dengan 127 pembicara. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

GEMPA DI SUMENEP, PEMPROV JATIM LANGSUNG KIRIM BANTUAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 SR terjadi di wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *