Jumat, 20 Juli 2018, 2:20
Home / NEWS / DILANDA KEKERINGAN, WARGA BERTARUH NYAWA GALI SUMUR
Warga Gunakan Katrol Untuk Mengangkut Tanah Galian Sumur, Senin (16/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

DILANDA KEKERINGAN, WARGA BERTARUH NYAWA GALI SUMUR

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Derita warga akibat bencana kekeringan di musim kemarau saat ini, Memaksa warga mencari solusi, guna mendapatkan pasokan air bersih yang layak konsumsi, dan tersedia.

Salah satunya, seperti yang dilakukan warga Sumber Kare kecamatan Wonomerto, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Mereka harus rela bertaruh nyawa, membuat sumur galian dengan kedalam puluhan meter, agar mendapat air bersih.

Sumur galian dengan kedalaman sekitar 30 meter itu, sudah dibuat sekitar 2 tahun terakhir. Walau demikian, meski warga terus melakukan penggalian. Namun, tanda – tanda munculnya sumber mata air masih belum diketemukan.

“jadi pembuatan sumur dilakukan untuk menyiasati kesulitan air bersih, yang dialami warga. Sedikitnya uang sekitar Rp 5 juta, harus dikeluarkan guna membangun sumur galian,” ungkap Muklas, pemilik sumur, Senin (16/10/2017).

Sementara, Tukang penggali sumur, Supriyadi menjelaskan, untuk proses penggalian sumur dilakukan dengan alat sederhana. Caranya, yakni membuat katrol sederhana dengan bahan bambu, tali, dan timba. Yang mana, Fungsinya mengangkut tanah galian dari dasar sumur, untuk selanjutnya dipindahkan ke atas sumur.

Sumur Galian Warga, Senin (16/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

“Supaya bisa bernafas di dasar sumur, ya menggunakan bantuan kipas angin. Tujuannya yakni, mengalirkan oksigen dari luar ke dalam sumur, menggunakan bantuan saluran pipa,” tandas Supriyadi.

Meski kini bantuan air bersih, dari pemerintah daerah melalui instansi terkait, sudah masuk ke lingkungan warga. Namun, mereka tetap bersikukuh akan terus melakukan penggalian, hingga sumber mata air keluar dari dalam tanah.

Pasalnya, warga menganggap bantuan air yang ada, hanya datang sewaktu – waktu dan masih belum maksimal. (Zulkiflie)

Check Also

INI TANGGAPAN PEMKAB PROBOLINGGO PASCA AKSI PERBAIKAN JALAN OLEH WARGA

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Pasca aksi perbaikan jalan rusak oleh warga, yang dilakukan secara swadaya di Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *