Kamis, 20 September 2018, 18:00
Home / KESEHATAN / CEGAH DIABETES, FATMA SAIFULLAH AJAK MASYARAKAT TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

CEGAH DIABETES, FATMA SAIFULLAH AJAK MASYARAKAT TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Isteri Wakil Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, diantaranya dengan berolahraga, menjaga pola makan dan rutin melakukan cek kesehatan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit seperti diabetes.

“Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah gaya hidup dan pola makan yang kurang baik, jadi marilah kita menerapkan pola hidup sehat,” terang Fatma sapaan lekatnya saat menghadiri acara Bersahabat dengan Diabetes yang diselenggarakan Lions Club International Foundation (LCIF) di Kampus C Universitas Airlangga, Minggu (29/10/2017).

Menurutnya, pola hidup sehat ini penting dilakukan karena jumlah penderita diabetes terus meningkat setiap tahunnya. Dimana untuk jumlah penderita diabetes, Indonesia menempati peringkat ke – 3 di dunia dan Provinsi Jawa Timur menempati urutan ke – 9 di Indonesia.

Penyakit diabetes ini, lanjut Fatma, merupakan salah satu penyakit yang tidak mengenal gender. Baik pria maupun wanita punya resiko yang sama. Tak hanya itu, penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak – anak.

Kepada masyarakat yang telah terindikasi diabetes, Fatma berpesan agar tetap semangat dalam menjalankan aktivitas sehar i- hari. “Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan, rajin olahraga dan selalu mengontrol kadar gula darah,” pesan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Jatim ini.

Fatma terus mendukung upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk mencegah penyakit diabetes, salah satunya yang dilakukan oleh LCIF ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pencegahan diabetes sejak dini.

Untuk itu, ia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada LCIF yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga yang telah menyelenggarakan kegiatan campaign ini, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. “Teruslah semangat dalam mengabdi kepada masyarakat, karena sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Pagi harinya sebelum mengikuti talkshow, Fatma bersama ratusan masyarakat mengikuti senam diabetes di halaman rektorat Unair. Senam ini dipimpin langsung oleh instruktur yang bersertifikasi senam diabetes.

Sementara itu, Project Officer Lions Club, Silvia Zulaikha mengatakan, acara ini dinamakan ‘Bersahabat dengan Diabetes’ karena sampai hari ini belum ditemukan obat diabetes sampai tuntas. Selain itu, penyakit ini juga disebut silent killler setelah kanker. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan menangani masalah diabetes. “Semoga setelah acara ini penyakit diabetes jangan lagi menjadi momok, dan mari kita berupaya agar jumlah penderita diabetes di Indonesia terus menurun,” katanya.

Lions Club sendiri merupakan organisasi pengabdian yang bersifat internasional dan tersebar di 210 negara, serta beranggotakan 1,4 juta orang. Tujuan dari organisasi ini adalah membantu sesama yang membutuhkan bantuan tanpa melihat suku, agama dan RAS. Telah banyak yang dilakukan Lions Club seperti membantu korban bencana alam, penyuluhan kesehatan, peduli pendidikan, hingga kepedulian terhadap masalah remaja.

Talkshow kali ini mengundang narasumber yang ahli di bidangnya, seperti dr. Niko Azhari Hidayat, Sp.BTKV,FIHA dan dr. Prettysun Ang Mellow, Sp. PD. Selain senam dan talkshow, acara ini turut dimeriahkan dengan pemeriksaan gula darah acak beserta konsultasi dan pembagian makanan sehat diabetes. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

PERINGATI HARHUBNAS, MENHUB KATAKAN KESELAMATAN HARGA MATI TAK BISA DITAWAR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *