Selasa, 12 Desember 2017, 23:13
Home / NEWS / GUBERNUR JATIM TERIMA DIPA 2018 DARI PRESIDEN
Gubernur Jatim H. Soekarwo Saat Menerima DIPA 2018 Di Istana Bogor. Sumber Foto : Ist

GUBERNUR JATIM TERIMA DIPA 2018 DARI PRESIDEN

WAGATABERITA.COM РSURABAYA. Presiden serahkan DIPA Tahun 2018 kepada Gubernur Jatim H. Soekarwo ikut dihadiri Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.

Presiden RI Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kepada Menteri dan Gubernur. DIPA menjadi dokumen akhir dalam tahapan proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018.

Jokowi sapaan akrab Presiden RI dalam sambutannya menjelaskan Proses percepatan administrasi penyelesaian dan penyampaian DIPA Tahun 2018 dilakukan sebelum tahun berjalan dimulai. Hal ini bermakna pemerintah menginginkan akselerasi pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran pusat dan daerah, sehingga dapat memberikan manfaat nyata kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Volume belanja negara dalam APBN tahun 2018 mencapai Rp 2.207,7 triliun. Nominal tersebut terdiri dari belanja pemerintah pusat yang dialokasikan melalui kementrian/lembaga (K/L) sebesar Rp 874,4 triliun dan Non K/L sebesar Rp 607,1 triliun. Nominal tersebut diprioritaskan untuk mengatasi kesenjangan, kemiskinan, pembangunan infrastruktur, dan memacu sektor unggulan. Kemudian untuk perbaikan aparatur negara dan pelayanan pemerintah serta peningkatan pertahanan keamanan dan penyelenggaraan demokrasi.

Selanjutnya, belanja APBN juga digunakan untuk transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp. 766,2 triliun yang digunakan untuk meningkatkan jumlah dan mutu layanan publik di daerah, dan menciptakan kesempatan kerja. Kemudian untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan antar daerah. (Haludin Ma’waledha).

Check Also

800 BECAK DI KOTA PROBOLINGGO DIBERI PLAT NOMOR DAN STNB

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Sekitar 800 angkutan becak yang beroperasi di wilayah kota Probolinggo, J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *