Sabtu, 18 Agustus 2018, 5:33
Home / HOTNEWS / BUKU SD ‘IBU KOTA ISRAEL YERUSSALEM’ DITEMUKAN DI PROBOLINGGO
Temuan Buku Kontroversi IPS Di Kota Probolinggo, Rabu (13/12/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

BUKU SD ‘IBU KOTA ISRAEL YERUSSALEM’ DITEMUKAN DI PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Menyusul ditemukannya kesalahan penulisan ibu kota Israel adalah Yerussalem, dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), untuk siswa kelas 6, Sekolah dasar. Membuat Petugas gabungan Polresta, M-U-I, Kemenag, dan Dinas Pendidikan kota Probolinggo, Jawa Timur, bergerak cepat melakukan sidak buku kontroversi tersebut.

Sidak dilakukan ke sejumlah sekolah dasar, yakni SDN Sukabumi 6 dan MI Hidayat kota Probolinggo. dalam Inspeksi mendadak itu, petugas memberikan informasi kepada pihak sekolah, jika terdapat kesalahan penulisan dalam buku IPS kelas 6, SD dan MI, yang diterbitkan Yudhistira di tahun 2016.

Tak hanya informasi, petugas juga memberikan pemberitahuan, kepada pihak sekolah jika akan dilakukan penarikan buku kontroversi itu, dalam waktu dekat. Petugas memberikan tenggak waktu selama satu minggu terhadap pihak sekolah, untuk mengumpulkannya.

“kalo untuk buku IPS ini, ya sudah kita gunakan selama 2 tahun terakhir. Kita baru tau setelah ramai di pemberitaan,” ungkap Susmiaji Budiono, kepala sekolah Sukabumi 6, kepada wagataberita.com, Rabu (13/12/2017).

Usai Sidak, sejumlah sampel buku yang dinilai kontroversi itu, selanjutnya diamankan pihak Kepolisian sebagai bukti. Rencananya, penarikan buku kontroversi itu akan dilakukan dengan penjagaan ketat petugas.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan, dilakukannya Sidak ke sejumlah sekolah, bertujuan guna meredam keresahan di masyarakat, atas temuan buku Kontroversi. “adanya sidak ini kita ingin keamanan masyarakat di kota Probolinggo, tetap kondusif,” pungkas Alfian.

Sementara itu, berdasarkan informasi Kepala Pemasaran Penerbit Yudhistira, Iwan Setiawan menyampaikan, untuk jumlah edar buku IPS Kontroversi di kota Probolinggo, diperkirakan mencapai 1000 eksemplar. Dengan pembagian jumlah edar, tersebar di 5 sekolah dasar negeri, dan 25 setara SD. “kalo jenis bukunya untuk semester 1, tahun ajaran 2017 – 2018, dan diterbitkan tahun 2016,” tandas Iwan. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

MENDEKATI PUNCAK HUT RI, KUNJUNGAN WISATAWAN KE BROMO NAIK 50%

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan obyek wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *