Senin, 21 Mei 2018, 6:07
Home / EKONOMI / EKSPOR JATIM TURUN
Kepala BPS Jatim Teguh Pramono

EKSPOR JATIM TURUN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Perkembangan ekspor Jawa Timur pada bulan Desember 2017 mengalami penurunan p sebesar 12,29 persen di bandingkan pada bulan November 2017.

Itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jatim Teguh Pramono Senin (15/01/2018).

Dia menambahkan penurunan itu disebabkan oleh terjadinya penurunan ekspor pada komonditi non migas.

Ekspor komonditi non migas ini mengalami penurunan jika di bandingkan dengan bulan sebelum nya yaitu dari USD 1,66 miliar pada bulan november 2017 menjadi USD 1,42 miliar pada bulan desember 2017 (turun 14,28 perse).

Dan karna adanya kontribusi yang besar tersebut menyebabkan kenaikan ekspor migas tidak mengimbangi penurunan yang terjadi pada pada ekspor non migas sehingga total ekspor non migas sehingga total ekspor pada bulan desember mengalami penurunan yang cukup aignifikasi.

Teguh Pramono, Ma kepala BPS Prov Jawa Timur memaparkan bahwa “kinerja ekspor kita di bulan desember 2017 telah berhasil mengekspor barang – barang kita mencapai nilai 1,551 miliar. Angka ini mengalami penurunan dengan kinerja di bulan november sebesar seperdelapanya karna di november kita bisa mengekspor 1,7 juta dolar AS, angka ini mengalami penurunan sebesar 12,29 persen. Tetapi kalau di bandingkan dengan kinerja pada tahun 2016 sebetulnya ada peningkatan walaupun sangat tipis sekali hanya 0,19 persen.”

Ekspor migas juga mengalami kenaikan menjadi USD 131,76 juta pada bulan desember, di bandingkan dengan bulan sebelum nya yang hanya mencapai USD 112,50 juta. (Aisah Lailatul Faulana/Halu)

Check Also

‘JATIM AMAN’ PAKDE KARWO UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS PENGAMANAN TNI – POLRI PASCA INSIDEN BOM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Ramadhan dimaknai sebagai hari yang penuh berkah bagi umat Islam. Di hari yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *