Jumat, 20 Juli 2018, 9:50
Home / KESEHATAN / DIFTERI MENULAR MELALUI PERCIKAN LUDAH

DIFTERI MENULAR MELALUI PERCIKAN LUDAH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Prof Ismudianto, SpaK Sekjen Kementerian Kesehatan RI menjelaskan penyakit difteri yang disebabkan bakteri – bakteri Coryne ini sudah lama di beberapa negara termasuk Indonesia, yang cakupannya cukup tinggi.

Itu disampaikan saat menghadiri Rakor Kesehatan di Surabaya yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Rabu (17/01/2018) bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Jatim.

Penyakit ini ditandai dengan adanya membran di beberapa bagian tubuh seperti tenggorok, telinga hidung, dan vagina. Ini menular lewat percikan ludah penderita langsung.

“Ketika merasakan tubuh tidak enak, demam, dan tenggorokan terasa sakit disarankan untuk menggunakan masker,” ujarnya.

Dia menegaskan, bakteri ini tidak seperti virus influenza yang ada diudara, tapi melalui percikan ludah penderita. Karena itu, pasien saat berada di rumah sakit akan diisolasi untuk menghindari penularan.

Apabila membran terjadi di tenggorok dan menutupinya, maka akan dilakukan pembukaan lubang ditenggorok penderita agar bisa bernafas. Pada tingkat berat, maka bisa terjadi pendarahan di panca indera.

‘Penyakit ini ada obatnya, yang jika terkena obatnya seharga Rp 20 juta. “Pencegahannya yakni melalui imunisasi adalah yang terbaik,” ujarnya sambil menjelaskan toksin atau racun yang dihasilkan bakteri ini menjadikan kelumpuhan pada kaki tangan, ginjal dan jantung.Istirahat sekitar dua minggu juga menjadi rekomendasi dokter agar pasien cepat sembuh. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

INI TANGGAPAN PEMKAB PROBOLINGGO PASCA AKSI PERBAIKAN JALAN OLEH WARGA

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Pasca aksi perbaikan jalan rusak oleh warga, yang dilakukan secara swadaya di Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *