Sabtu, 18 Agustus 2018, 5:30
Home / EKONOMI / INSPIRASI / INI INOVASI ‘SMART’ PERPUSTAKAAN DESA KREJENGAN PROBOLINGGO
Gedung Perpusdes Desa Krejengan, Senin (21/05/2018) Sumber Foto : Zulkiflie

INI INOVASI ‘SMART’ PERPUSTAKAAN DESA KREJENGAN PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Inovasi yang dilakukan pemerintah desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini dalam mencerdaskan masyarakatnya patut dicontoh.

Pasalnya, dilokasi tersebut terdapat sebuah PERPUSDES (Perpustakaan Desa, Red), yang dilengkapi tempat bermain, Lahan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), lahan uji coba pertanian dan budidaya ikan.

Menariknya ‘PERPUSDES’ setempat, juga dilengkapi PARALEGAL (Seseorang Yang Faham Tentang Hukum, Red). Dikatakan Kepala Desa Krejengan, Nurul Huda, jika tugas Paralegal di Perpusdes setempat, yakni ikut bertanggung jawab terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Tanggung jawab itu meliputi penyelesaian masalah lewat jalur hukum, investigasi kasus, melakukan konsultasi hukum, pendampingan diluar pengadilan, mediasi dan negosiasi.

Lanjut Nurulaq Huda menjelaskan, jika yang paling utama tugas Paralegal setempat, yakni memberikan pendidikan, dan penyadaran hukum tentang hukum kepada masyarakat.

“Disini kami menyediakan konsultasi gratis terkait hukum pidana, hukum perdata, hukum perburuhan, dan hukum perbankan,” Ujarnya, Senin (21/05/2018).

Sementara ‘PERPUSDES’ di desa Krejengan tersebut, dikenal warga dengan nama ‘Perpusdes Aqila’. Perpusdes Aqila, bahkan telah meraih predikat Perpustakaan Desa Terbaik di Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, Perpurdes Aqila juga lolos nominasi 10 peserta Lomba Perpustakaan Desa se – Jawa Timur Tahun 2018. Perpustakaan Aqila berkompetisi dengan 9 delegasi lain, yakni Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Nganjuk, Trenggalek, Pamekasan, Malang, Gresik, dan Pacitan. (Zulkiflie)

Check Also

MENDEKATI PUNCAK HUT RI, KUNJUNGAN WISATAWAN KE BROMO NAIK 50%

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan obyek wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *