Selasa, 16 April 2024, 11:01
Home / NEWS / SAAT NYA BERBAGI PENGALAMAN BHINNEKA TUNGGAL IKA ATASI INTOLERANSI

SAAT NYA BERBAGI PENGALAMAN BHINNEKA TUNGGAL IKA ATASI INTOLERANSI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (01/06/2018).

Dalam kesempatannya Menjawab pertanyaan media mengenai bayangan intoleransi, Pakde Karwo sapaan Gubernur Jatim mengatakan negara manapun di dunia saat ini selalu berproses menjadi masyarakat yang majemuk, walaupun kemajemukan juga dibayang – bayangi oleh resiko intoleransi, ketidak bersatuan dan ketidak gotong royongan. “Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika atau bertoleransi, serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan,” ungkapnya.

Menurutnya, kunci aktualisasi nilai Pancasila adalah Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, yang menjadi kausa prima terwujudnya Sila kedua sampai kelima. Salah satu implementasi Sila pertama saat ini diantaranya berupa saling peduli dan berbagi, diantaranya peduli dan berbagi dengan lingkungan, yang Agama juga memerintahkan, dalam bentuk sodakoh dan zakat. “Itulah working ideology Pancasila, ketika disparitas semakin tinggi, masyarakat yang mampu menyisihkan sedikit rejekinya untuk masyarakat banyak,” ujarnya mencontohkan.

Pakde Karwo juga mengingatkan momen Bulan Ramadhan sebagai saat paling baik untuk saling berbagi dan peduli kepada lingkungan. Dengan sering membuka pintu untuk berbuat kebaikan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sebaliknya, jika ada yang mengunci pintu kebaikan, berarti pemahaman tentang Pancasila masih kurang.

Diketahui Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Surabaya berlangsung semarak. Sekitar 1.607 undangan dan 785 peserta mengikuti jalannya upacara. Hadir dalam kegiatan ini antara lain jajaran Forkopimda Jatim seperti Ketua DPRD Jatim, Pangdam V Brawijaya, Sekdaprov Jatim. Juga, para pimpinan OPD di jajaran Pemprov Jatim.

Sementara itu, peserta upacara antara lain karyawan Satpol PP Prov. Jatim, Korpri. Pemprov Jatim, taruna AAL, TNI , POLRI, mahasiswa, menwa, pelajar SMU dan SMK, Pramuka, Tagana, dan Karang Taruna. Acara juga dimeriahkan oleh Paduan Suara UPN Surabaya. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …