Senin, 18 Juni 2018, 4:55
Home / NEWS / SIDAK PASAR WALIKOTA PROBOLINGGO TEMUKAN DAGING SAPI TAK LAYAK KONSUMSI
Sidak Daging Sapi, Selasa (05/06/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

SIDAK PASAR WALIKOTA PROBOLINGGO TEMUKAN DAGING SAPI TAK LAYAK KONSUMSI

WAGATBERITA.COM – PROBOLINGGO. Daging sapi tak layak konsumsi, diketemukan Walikota Probolinggo, Rukmini, saat melakukan Inspeksi mendadak ke salah satu lapak pedagang daging sapi di Pasar Baru kota setempat, Selasa (05/06/2018).

Sidak yang dilakukan bersama Sekda (Sekretaris Daerah,Red), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Satpol PP, serta Polres Probolinggo Kota itu, mendapati daging sapi yang disinyalir telah 3 hari tetap disimpan.

Hal itu diperkuat, dengan pengetesan kualitas daging sapi, yang dilakukan petugas kesehatan hewan. Menggunakan “Reagen Eber” atau uji kebusukan, dan “pH Strip” atau uji kualitas daging, didapati jumlah PH daging yang di uji, mencapai angka di atas 7.

Dijelaskan Kabid Kesehatan Hewan, dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Retno Wandansari, jika kualitas daging diatas PH 7 sudah tidak baik untuk konsumsi, apalagi saat dites telah mengeluarkan kabut.

“Kami perkirakan daging ini sudah 3 hari, dan tak layak konsumsi, saya harap pedagang tak menjual daging sapi seperti ini lagi.” ujar Retno.

Menyikapi temuan daging tak layak konsumsi, Walikota Probolinggo, Rukmini meminta para pedagang daging sapi, agar tak menjual lagi daging yang kualitasnya jelek. Rukmini juga menghimbau, agar pedagang tidak menggunakan kantong plastik hitam, sebagai pembungkus daging sapi yang dijualnya.

“Saya minta pedagang menggunakan kantong plastik putih dari pada hitam, agar lebih aman untuk bahan pangan seperti daging sapi,” terangnya.

Rukmini juga menghimbau masyarakat, agar waspada dan lebih hati – hati saat membeli daging sapi selama Ramadhan, hingga lebaran mendatang.

“Meski tak semua pedagang daging sapi menjual daging yang kualitasnya jelek, saya harap masyarakat tetap hati – hati saat memilih, kalo harga masih tergolong stabil, yakni Rp 110 ribu perkilogram,” tandasnya. (Zulkiflie)

Check Also

AKHIR NYA KEJAKSAAN MEMBEBERKAN KRONOLOGI MENINGGALNYA WARTAWAN DALAM TAHANAN

WAGATABERITA.COM – KOTABARU. Kejadian meninggal yang menimpa seorang Jurnalis di Kotabaru di tahanan menjadi perbincangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *