Sabtu, 18 Agustus 2018, 5:29
Home / ENTERTAINMENT / EVENT / INI AKSI “OLIVIA ZALIANTY” DALAM EVEN EKSOTIKA BROMO
Pj Bupati Probolinggo Bersama Tokoh Masyarakat Tengger Dan Camat Sukapura.

INI AKSI “OLIVIA ZALIANTY” DALAM EVEN EKSOTIKA BROMO

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Even “Eksotika Bromo” di lautan pasir gunung Bromo Tengger Semeru, pada Jum’at (29/06/2018) dipadati ribuan penonton, baik lokal maupun dari mancanegara.

Eksotika Bromo diawali penampilan kesenian Topeng Dongkrek Condo Budoyo asal Madiun, dilanjutkan penampilan Reog asal Ponorogo, Topeng Dayak Hudog asal Kalimantan Timur, Jaranan Slining asal Lumajang, dan Topeng Grasak asal Magelang.

Riuh penonton pun akhirnya terhenti, kala artis ibu kota Olivia Zalianty, membacakan puisi Nyawiji Tengger. Nyawiji Tengger berkisah tentang legenda leluhur suku Tengger, yakni Roro Anteng dan Joko Seger yang rela mengorbankan anak ke 25 mereka, raden Kusuma sebagai persembahan ke kawah gunung Bromo.

“Satu hal yang bisa dipetik dari legenda Roro Anteng dan Joko Seger yakni, kita harus menepati janji kepada siapapun. Seperti hal nya leluhur suku Tengger kepada Syang Hyang Widi, yang berjanji mengorbankan salah satu anaknya, jika telah dikaruniai anak,” ujar perempuan kelahiran 18 Oktober 1981 itu.

Olivia Zalianty Saat Membacakan Puisi Nyawiji Tengger.

Sebagaimana dikisahkan, Raden Kusuma merupakan anak ke 25 dari Joko Seger dan Roro Anteng. Raden Kusuma sendiri, merupakan anak kesayangan dari leluhur suku Tengger tersebut.

Sementara itu, Olivia mengungkapkan, jika aksinya membacakan puisi Nyawiji Tengger merupakan kali pertama. Itu pun hanya satu kali latihan yang dilakukan, pada saat gladi bersih.

“Bersyukur bisa membacakan puisi ini, awalnya sih agak canggung tapi untungnya semua berjalan lancar. dan saya senang bisa naik ke puncak bibir kawah bromo, indah tempatnya. biar dingin tapi mengesankan,” tandas Olivia.

Aksi Jaranan Slining Di Even Eksotika Bromo, Jum’at (29/06/2018) Sumber Foto : Zulkiflie

Sementara itu, PJ Bupati Probolinggo, Tjahjo Widodo mengaku terkesan dengan even “Eksotika Bromo”. Pasalnya selain melestarikan budaya daerah, juga mampu mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian daerah.

“Tentunya even seperti ini harus ditingkatkan, agar potensi wisata dan budaya daerah, bisa dikenal luas baik secara nasional maupun internasional,” ujar Tjahjo.

“Jadi dengan areal even yang berlatar belakang gunung, saya kira ini pertama di dunia. Mari kita viralkan bersama, agar banyak wisatawan datang ke Bromo, sehingga laju pertumbuhan ekonomi meningkat,” tandasnya. (Zulkiflie)

Check Also

17 AGUSTUS PENDAKIAN SEMERU ‘FULL BOOKED’

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Mendekati puncak peringatan Hari Ulang Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *