Jumat, 21 September 2018, 13:50
Home / NEWS / WAPRES SECARA KHUSUS MINTA JATIM BANTU NTB BANGUN KEMBALI LOMBOK

WAPRES SECARA KHUSUS MINTA JATIM BANTU NTB BANGUN KEMBALI LOMBOK

WAGATABERITA.COM – LOMBOK. Pasca Gempa bumi yang terjadi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengakibat kan kerusakan yang cukup parah dan memakan korban Jiwa yang begitu besar mendapat perhatian dari pemerintah pusat, khususnya dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Dalam kunjungannya ini, JK sapaan akrab wapres meminta agar segera semua infrastruktur yang rusak akibat gempa segera dibangun, Selasa (21/08/2018).

Pada kehadirannya di Lombok secara khusus Wapres JK meminta agar Gubernur Jatim membantu Pemprov NTB dalam hal pemulihan pasca bencana. Salah satu bantuan yang diharapkan adalah menyediakan segala kebutuhan masyarakat Lombok, khususnya bahan bangunan dan semua kebutuhan peralatan untuk memulihkan infrastruktur. “Dananya nanti dibiayai oleh pusat, tapi semua kebutuhan bangunan dan logistik semua didatangkan dari Jatim. Alasannya, barang yang didatangkan dari Jatim lebih murah, dibandingkan mendatangkan langsung dari Jakarta,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wapres juga memerintahkan Gubernur Jatim untuk segera berkoordinasi dengan Gubernur NTB terkait hal tersebut. Diharapkan, mulai hari ini sudah dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur bagi masyarakat.

Untuk besarnya bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat bagi masyarakat terdampak, dijelaskannya, rumah rusak berat diberikan bantuan Rp. 50 juta, rumah rusak sedang sebesar Rp. 25 juta, dan rumah rusak ringan dibantu Rp. 10 juta. Semua bantuan, akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu, bekerjasama dengan mahasiswa Fakultas Teknik dari Perguruan Tinggi di NTB dan juga UGM Yogkarta. “Tiga bulan mendatang saya akan datang lagi ke Lombok untuk mengecek perkembangannya,” tegasnya.

Dalam hal ini JK juga berpesan untuk kegiatan belajar mengajar harus terus berjalan. Para siswa yang sempat terhenti kegiatan proses belajarnya karena bangunan sekolah mengalami kerusakan, untuk terus melakukan aktifitasnya. “Pemerintah akan membangun tenda darurat untuk digunakan belajar para siswa. Setidaknya, dibuatkan 2 kelas darurat,” tambahnya di ratas yang diikuti beberapa menteri. Diantaranya, Menteri Sosial RI Idrus Marham, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (Red)

Check Also

PEMKAB TRENGGALEK GELAR KONSULTASI PUBLIK

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Mendapatkan beberbagai penghargaan terkait tata kelola pemerintahan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *