Rabu, 26 Juni 2019, 4:52
Home / ENTERTAINMENT / EVENT / WALIKOTA SURABAYA MELEPAS PAWAI OGOH – OGOH
Pawai Ogoh - Ogoh Yang Dilepas Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Sumber Foto : Haludin Ma'waledha

WALIKOTA SURABAYA MELEPAS PAWAI OGOH – OGOH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Walikota Surabaya Tri Rismaharini melepas pawai Ogoh – Ogoh di Kenjeran Senin (27/03/2017).

Pawai Ogoh – ogoh itu merupakan rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 yang jatuh pada tanggal 28 Maret 2017.

Tri Rismaharini pada kesempatan itu didampingi beberapa tokoh agama Hindu, dari Pura Segara Kenjeran.

Pawai Ogoh – ogoh itu rangkaian ritual umat Hindu yang digelar hari terakhir menjelang Hari Raya Nyepi, atau yang dikenal dengan Tawur Kesanga.

Wayan Suraba, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Surabaya mengatakan pawai itu diikuti tiga ribu peserta pawai ogoh – ogoh. “Yang terlibat dalam pawai ini kurang lebih tiga ribu orang,” ujarnya.

Uniknya, 11 ogoh – ogoh ini justru diusung, tidak hanya oleh para pemuda Hindu, tapi juga oleh para pemuda muslim yang tinggal di Kompleks TNI Angkatan Laut Kenjeran.

“Inilah yang saya katakan, merakit kebhinekaan kita temukan sebuah kedamaian,” kata Wayan Suraba.

Tema pawai ogoh – ogoh kali ini yakni menjadikan “Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa dan Bernegara, demi Keutuhan NKRI.”

Ogoh – ogoh karya pemuda Hindu dan mahasiswa Surabaya itu diarak dari Pura Segara menuju ke Jalan Raya Pantai Lama, melewati Jembatan Suroboyo, Jalan Sukolilo Lor, lalu kembali ke Pura Segara.

Proses akhir pawai itu berlangsung hingga malam pukul 19 : 00 WIB. Setelah itu ogoh – ogoh itu diibakar di Pura Segara. (Haludin Ma’waledha/Dir)

Check Also

BERBAGAI TAHAPAN VERIFIKASI DILAKUKAN PADA PENYALURAN PROGRAM BK DESA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa