Selasa, 19 Maret 2024, 13:42
Home / SURABAYA / MAKAM RATU AYU KENCONO WUNGU

MAKAM RATU AYU KENCONO WUNGU

WAGATABERITA.COM – MOJOKERTO. Kira-kira berjarak sekitar 30 meter dari kompleks makam Troloyo, Mojokerto, Jawa Timur. Makam Ratu Ayu Kencono Wungu berada. Sesuai dengan nama nya Wungu yang artinya Ungu Makam ini cungkupnya di cat warna ungu, warna yang anggun.

Di balik cungkup di dalamnya terdapat dua makam yang berdampingan yakni Makam Gusti Ratu Ayu Kencono Wungu dan Makam Raden Ayu Anjasmoro. Menurut sejarahnya keduanya adalah istri dari Damarwulan Raja Majapahit.

Untuk menjaga dari hal yang tidak di inginkan, pintu makam tersebut selalu di kunci, dan setiap peziarah yang ingin masuk lokasi makam harus meminjam kunci kepada Sanusi sebagai juru kunci makam. Pintu cungkup tersebut terbuat dari kayu jati berukir, politur warna coklat tua yang di depannya berdiri sebuah Gapura.

Sebelah utara Pusara Ratu Ayu Kencana Wungu terdapat juga Makam, Tujuh namanya, yang berisikan 7 tokoh pada masa nya. Nama yg terdapat di Makam Tujuh diantara nya : Suryo Noto, Suryo Dono, Gajah Permada, Sabdo Palon, Noyo Genggong, Reso Putro, Emban Kinasih. Ditempat tersebut di larang mengambil gambar. “Gambar tidak bisa jadi”.  kata Mbah Rebam petugas perawat makam.

Pengunjung paling banyak datang pada hari Kamis malam,  Jum’at Legi pada kalender Jawa, bersama teman, keluarga atau rombongan. “Biasanya setelah berziarah dari kompleks Troloyo berlanjut ke makam Kencono Wungu Dan Makam Tujuh.” kata Muhammad Subhan peziarah asal Madura. (Dwi Cahyono/Dir)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan