Selasa, 11 Desember 2018, 7:43
Home / NEWS / HUKUM / POLDA JATIM RINGKUS PENIPU JUAL BELI ONLINE ASAL SULAWESI SELATAN
Kombespol Frans Barung Mangera Saat Konferensi Pers Menunjukakan Barang Bukti Yang Di Sita. Sumber Foto : Anggun Angkawijaya

POLDA JATIM RINGKUS PENIPU JUAL BELI ONLINE ASAL SULAWESI SELATAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Jajaran kepolisian Polda Jatim berhasil meringkus pelaku penipuan yang memanfaatkan media online. Junaedi (27), berhasil diringkus polisi di rumahnya pada 5 April lalu di rumahnya di Jl Andi Pettarani, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Tersangka ditangkap setelah mengelabui korbannya melalui forum jual beli pasar senggol. Dia pura – pura menjual kamera DSLR seharga Rp 25 juta.

Ketika ada pembeli, pelaku berkomunikasi melalui BBM dan telepon seluler. Pelaku juga meminta korbannya segera mentransfer uang. Setelah uang ditangan, pelaku tidak mengirimkan barang. “Kami berhasil menangkap satu orang. Kami yakin mereka mempunyai kelompok,” kata Kombespol Frans Barung Mangera, SIK, Kabid Humas Polda Jawa Timur.

Barung juga meyakini sudah ratusan juta uang yang telah dikuras dari korban yang berasal dari berbagai kota di wilayah Indonesia. “Ini bisa dilihat dari jumlah barang bukti berupa telepon genggam yang berjumlah 24 buah. Tiap nomer digunakan menghubungi korban yang berbeda. Begitu juga dengan buku tabungan dan atm,” jelas Barung.

Sejauh ini polisi masih menyelidiki jumlah total uang yang berada di delapan buku tabungan. Selain telepon genggam dan buku tabungan, polisi juga menyita delapan kartu atm, 3 kartu kredit dan delapan buah sim card.

Dalam kasus ini polisi menjerat pelaku dengan pasal 28 ayat 1 jo pasal 45a ayat 1 UU No 19 tahun 2016 tentang ITE, dengan hukuman berupa kurungan penjara paling lama enam tahun.

Sementara itu, Junaedi mengaku sebagai petugas call centre. Dia mendapat bagian 20 persen dari setiap melakukan penipuan. “Yang delapan puluh persen dibagi bagi kepada teman lain,” jelasnya. (Anggun Angkawijaya/ *)

Check Also

LAKSDA (P) YUHASTIHAR HADIRI PENGAJIAN DIKAMPUNG SENDIRI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan warga Jl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *