Selasa, 23 Oktober 2018, 2:05
Home / EKONOMI / INSPIRASI / DRN SARANKAN ENERGI BARU DARI SAMPAH DAN SOLAR SEL UNTUK KOTA SURABAYA
Tumpukan Sampah di TPA Benowo Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Energi Alternatif. Sumber Foto : Google

DRN SARANKAN ENERGI BARU DARI SAMPAH DAN SOLAR SEL UNTUK KOTA SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Menanggulangi keterbatasan dan ketegantungan masyarakat dengan energi fosil, Dewan Riset Nasional (DRN) hadirkan dua potensi energi alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk masyarakat kota Surabaya. Kedua energi tersebut dapat diperoleh dari sampah dan sel surya.

Ketua Komisi Energi Dewan Riset Nasional, Arnold Soetrisnanto, mengungkapkan selama ini sebagian besar kota di Indonesia, masih menggantungkan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai energi utama transportasi. Padahal energi baru hasil olahan sampah dan sel solar lebih ramah lingkungan, selain itu persediaan energi fosil atau BBM makin lama makin terbatas. “Energi fosil berpotensi meningkatkan climate change,” ujarnya.

Menurutnya Kota Surabaya memiliki potensi untuk dapat memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat Surabaya sendiri.

Bahkan dari hasil Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo saja, Surabaya bisa hasilkan 10 megawatt listrik. “Dari masukan 1000 ton sampah tiap hari itu bisa jadi 10 megawatt listrik lho. Besar itu energinya,” kata Arnold saat ditemui Selasa (30/05/2017).

Sedangkan untuk energi solar, bisa didapatkan dari pemasangan kaca yang dapat menyerap energi surya pada gedung – gedung dan atap rumah.

Kedepannya Arnold berharap pengelolaan energi terbaru ini dapat mengurangi pemakaian BBM oleh masyarakat secara bertahap.

Sementara itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, mengapresiasi berbagai masukan dari ilmuan dalam negeri, terutama berkaitan dengan energi transportasi ramah lingkungan. Risma bahkan telah meminta salah satu perguruan tinggi di Surabaya untuk membuatkan kendaraan dinasnya dari solar sel. “Ini menandakan kalau kita gak kalah. Saya sendiri sudah minta temen – temen ITS untum buatkan solar sel,” kata Risma disela-sela acara. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *