Jumat, 29 Maret 2024, 17:15
Home / NEWS / DEMI 7 PESONA WISATA MUNA, POKDARWIS DEKLARASIKAN DIRI
Renalmon Hutahaean (tengah), Wakil dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, bersama salah satu pengurus Pokdarwis Kota Raha, Farah dan salah satu awak media di Muna. Foto: Zainal Arifin Suyoto

DEMI 7 PESONA WISATA MUNA, POKDARWIS DEKLARASIKAN DIRI

WAGATABERITA.COM – MUNA. Sejumlah Pemuda dan pemudi di Muna, membentuk sebuah kelompok kerja yang peduli terhadap kebersihan dan keindahan kota. Kelompok ini diberi nama, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kelompok ini langsung mendeklarasikan diri, yang disaksikan oleh wakil dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreative RI.

Tujuan pembentukan Pokdarwis adalah untuk  mendukung program pemerintah dalam pengembangan destinasi Pariwisata di Muna.

Pokdarwis ini bergerak dari bawah, yakni masyarakat sekitar untuk memberdayakan, memilihara dan menjaga kota dalam mewujudkan terciptanya tujuh pesona pariwisata yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Wakil dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreaktive RI, Renalmon Hutahean, kepada wartawan menjelaskan, untuk mewujudkan tujuh pesona wisata itu, masyarakat harus menjiwai dan memiliki kesadaran sendiri menjaga kebersihan kota.

“Anggotanya dari bermacam latar belakang yang mau perduli, berhimpun dalam suatu kelompok sosial tidak mencari profit (keuntungan) serta memiliki kesadaran tentang pentingnya pariwisata,” kata Renalmon, pada Sabtu (19/08/2017) malam.

Foto Bersama Pokdarwis Kota Raha Usai Deklarasi, Sekaligus Langsung Aksen Memungut Sampah Yang Berserahkan Di Seputaran Tugu Jati Raha. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

Menurutnya, jika masyarakat sudah berdaya, maka Pemerintah setempat pasti akan melirik. Sebab selain berurusan menjaga tujuh pesona itu sendiri, mereka juga berperan sebagai sumber informasi bagi pariwisata kota itu. Jadi siapapun yang mau datang ke Muna bisa mengetahui informasi tentang destinasi wisata di Muna melalui Pokdarwis.

“Saya bisa garansikan dua kali kedatangan saya ke sini (Muna), bertemu dengan Pak Bupati yang komitmennya tinggi dan memiliki kesadaran bahwa Pemkab Muna akan lebih mudah mensejahterakan masyarakatnya kalau fokus pada sektor Pariwisata,” Janji mantan Direktur Akedemik Pariwisata (Akpar) Medan.

Olehnya itu, dia berkeinginan pentingnya suatu kelompok masyarakat membentuk Pokdarwis disetiap objek wisata unggulan. Ia juga berharap dengan dikukuhkan sementara Pokdarwis kota Raha dapat menularkan sadar wisata disetiap destinasi unggulan di Kab. Muna diantaranya seperti di pantai meleura, Danau Napabale, Liang Kabori dan pulau Towea.

“Berdasarkan pengalaman jika disetiap destinasi wisata terdapat Pokdawis maka pariwisata akan terurus. Hanya saja yang menjadi persoalan sekarang, yang akan menjadi insiator dan motivatornya itu siapa,” Pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengurus Pokdarwis Kota Raha, Farah mengatakan sekitar dua belas anggota yang telah tergabung dalam pendeklarasian pada 17 Agustus 2017 lalu.

“Pendeklarasian kemarin kita langsung aksen dengan membersihkan sampah di seputaran tugu jati Raha. Untuk program banyak ide yang sudah direncanakan, sementara untuk langkah awal kita mulai dari kebersihan Kota,” tandasnya. (Zainal Arifin Suyoto/ Halu).

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …